MENGINTEGRASIKAN GIZI SEIMBANG DALAM KEGIATAN COOKING CLASS PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Nor Ma’rifah IAIN PALANGKA RAYA
  • Neela Afifah IAIN Palangka Raya
  • Yulia Fransiska PAUD IT Al-Ghazali Modern School Palangka Raya

Keywords:

Gizi Seimbang, Cooking Class

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan gizi seimbang dalam kegiatan cooking class pada pembelajaran anak usia dini yaitu membuat nasi kepal isi abon di PAUD IT Al-Ghazali Modern School Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah service learning, yang mengedepankan penerapan pengetahuan dalam situasi nyata dan interaktif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung. Mereka berhasil memahami proses padi sebagai bahan dasar nasi dan manfaat gizi dari nasi serta abon. Selain itu, anak-anak juga mengembangkan keterampilan motorik halus dan kognitif melalui kegiatan membentuk nasi kepal. Kegiatan ini terbukti efektif dalam memperkenalkan konsep gizi sehat dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., … Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In J. W. Suwendi, Abd. Basir (Ed.). Jakarta: Direktrorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Afifah, N., Saudah, Aghnaita, Muzakki, Ervina, & Ma’rifah, N. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Tilawati Kepada Orang Tua Murid. Abdi Paud: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69.

Asiyah, S. (2021). Pengenalan Gizi Seimbang. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 8.

Damayanti, A., Halim, M., & Igo, A. (2024). Pengembangan Buah Pepaya Menjadi Abon. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(2), 53–65. Diambil dari https://journalpedia.com/1/index.php/jkp

Distria, T. F., Safitri, I. R., Putri, N. A., & Susanto, E. (2021). Abdimas galuh. Abdimas Galuh, 3(1), 32–38.

Febrianti, R. F., Ramadhani, S. P., & ... (2023). Pkm Penyuluhan Kesehatan Cuci Tangan Dan Edukasi Gizi Pada Anak Usia Dini Orang Tua Dan Guru. Community …, 4(6), 11541–11544. Diambil dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22562%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/22562/15808

Fitriani, R. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Seimbang, Citra Tubuh, Tingkat Kecukupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi pada Siswa SMA Negeri 86 Jakarta. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i1.5041

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2023). Pentingnya Investasi Gizi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.25078/jyk.v6i2.2999

Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223

Kusnandar, E., Nurhayati, T., & Fitri, I. (n.d.). Implementation of Recollection in Preschool Learning Based on Plato ’ s Philosophy Perspective.

Laely, K., & Subiyanto, S. (2020). Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak di Daerah Miskin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 923. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.466

Lengkong, E. J. (2022). Studi Gambaran Pengetahuan Guru PAUD tentang Gizi Anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Kecamatan Remboken. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 606–612.

Munir, R., Sunarti, Khairan Nisa, A., Raksi, D., Halipah, H., Oktari, P., … Sulistiani, S. (2023). Edukasi Mengenai Gizi Seimbang Anak Usia Dini. KREASI : Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85–95. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i1.507

Nawangsih, N., & Isnaningsih, A. (2024). Cooking Class Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Makanan Bergizi Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 5(3), 3481–3488. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1426

Ningrum, P. Z. D., Rohmah, U., Suciani, R., Putri Haiza, R., Kharisma Sari, R., & Futikhatis Salma, S. (2023). Asupan Gizi Seimbang Bermanfaat Bagi Kesehatan Anak Usia Dini di Tengah Era Generasi Z. Prosiding, 5–10.

Pitriani, L. D., Nirmalasari, R., & Muzakki, M. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.198

Putri, Y. D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4259–4266. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5160

Rahmawati, dian eka. (2023). Upaya Membangun Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Cooking Class Di Kelompok Bermain Nurul Huda Desa Kebun Kulim Kabupaten Musi Rawas.

Sari, S. M., & Marlina, S. (2023). Cooking Class; Fine Motor. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 169–174. Diambil dari http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/arraihanah

Septiani Hapidah. (2024). Melatih Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Cooking Class. Sewagati, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.59819/sewagati.v3i1.3485

Warman, I., Hamron, N., Novitasari, H., & Susilo, E. (2020). Serangai Kec Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara Production of Shredded Tuna As an Alternative Business To Improve the Economy of the Community in Serangai Village , Batik Nau Kec , North Bengkulu District. Pengapdian Kepada Masyarakat, 2, 181–186.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Ma’rifah, N., Neela Afifah, & Fransiska, Y. (2024). MENGINTEGRASIKAN GIZI SEIMBANG DALAM KEGIATAN COOKING CLASS PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(06), 2117–2126. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/726