OPTIMALISASI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MENGGUNAKAN REFERENCE MANAGER UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH PERSIAPAN NEGERI KOYA BARAT
Keywords:
Karya Tulis Ilmiah, Reference Manager , PelatihanAbstract
Kegiatan praktik ini akan dirancang interaktif dua arah. Sehingga siswa merasa nyaman dan leluasa dalam praktikum. Partisipasi aktif juga diharapkan dapat membuat informasi yang diberikan menjadi lebih luas. Mereka yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi agen penyalur informasi bagi temannya yang tidak mengikuti kegiatan yang dimaksud. Luaran yang disasar dari layanan ini adalah buku saku pedoman penggunaan pengelola referensi dan publikasi jurnal nasional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat berlangsung dengan antusias dan interaktif. Terlihat kehadiran siswa memenuhi kelas. Selain itu terjadi peningkatan kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Uji efektivitas secara kuantitatif menampilkan hasil yang menjelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat melalui optimalisasi penulisan karya ilmiah menggunakan pengelola referensi bagi siswa Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat membuahkan hasil yang efektif.
References
Afriani, E. D. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring Info Artikel. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 20–27. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24176/Jpi.V1i3.6648.
Aminuddin, M. Y. (2024). Prophetic Leadership: Revitalisasi Kepemimpinan Profetik Diera Society 5.0 Dalam Bingkai Nasionalisme. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 36–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52166/Talim.V7i1.5074.
Endang Sri Maruti. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Madako Elementary School, 2(1), 100–109. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56630/Mes.V2i1.64.
García-Martínez, I. (2023). Analysing The Impact Of Artificial Intelligence And Computational Sciences On Student Performance: Systematic Review And Meta-Analysis. Journal Of New Approaches In Educational Research, 12(1), 171–197. Https://Doi.Org/10.7821/Naer.2023.1.1240.
Ibrahim, H. (2023). Perception, Performance, And Detectability Of Conversational Artificial Intelligence Across 32 University Courses. In Scientific Reports (Vol. 13, Issue 1). Nature Research. Https://Doi.Org/10.1038/S41598-023-38964-3.
Ilham, M. (2024). Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 264–273. Https://Journal-Nusantara.Com/Index.Php/Jim/Article/View/2777/2277.
Indarti, N. (2023). Optimalisasi Tata Kelola Desa: Evaluasi Mendalam Terhadap Proses Seleksi Perangkat Desa. Jurnal Bangun Abdimas, 2(2), 158–161. Https://Doi.Org/10.56854/Ba.V2i2.259.
Kamola Komilovna, K. (2023). Mastering Reading Comprehension: A Vital Skill For Academic Success. International Scientific - Online Conference, 2(23), 83–89. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10020449.
Orosz, G. (2022). Guided Inquiry-Based Learning In Secondary-School Chemistry Classes: A Case Study. Chemistry Education Research And Practice, 24(1), 50–70. Https://Doi.Org/10.1039/D2rp00110a.
Patricios, J. S. (2023). Consensus Statement On Concussion In Sport: The 6th International Conference On Concussion In Sport-Amsterdam, October 2022. British Journal Of Sports Medicine, 57(11), 695–711. Https://Doi.Org/10.1136/Bjsports-2023-106898.
Siahaan, M. (2020). Penerapan Artificial Intelligence (Ai) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal Of Information System And Technology, 01(2), 186–193. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37253/Joint.V1i2.4322.
Wilyanti, L. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Sitasi Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Nasional. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 4(1), 55–64. Https://Doi.Org/10.37680/Amalee.V4i1.2347.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rio Wakhid, Andi Syaiful, Ince Abdul Muhaemin, Marsuki Marsuki, Zainal Widyanto, Fazryani Mazita, Afifahtul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.