PENDAMPINGAN OPTIMALISASI PENGEMBANGAN UMKM KEBAB PIZZA UKHTI DI KEDIRI MELALUI PROMOSI DIGITAL, PEMBARUAN VISUAL PRODUK, DAN IMPLEMENTASI PEMBAYARAN QRIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING
Keywords:
Development of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs),, Digital Promotion, Cashless Payment, Business Assistance,, Social Media MarketingAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif, didukung oleh berbagai upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca-COVID-19. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM, dengan fokus khusus pada membantu Pizza Ukhti di Kediri dalam mengatasi berbagai tantangan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dan pelatihan, yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan, wawasan, dan keterampilan baru bagi mitra. Tantangan utama yang ditemukan antara lain rendahnya kesadaran masyarakat Kediri tentang keberadaan Pizza Ukhti, kesulitan akses bagi pelanggan baru, tampilan foto produk yang kurang menarik di platform GrabFood dan Shopee Food, serta belum tersedianya opsi pembayaran non-tunai. Solusi yang diterapkan meliputi perluasan jangkauan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok; pemasangan spanduk dan penanda arah; peningkatan kualitas foto produk di platform GrabFood dan Shopee Food; serta penggunaan metode pembayaran QRIS. Rekomendasi dari program ini menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan untuk pemilik usaha agar dapat memanfaatkan media digital secara efektif, yang diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar dan daya saing Pizza Ukhti di Kediri.
References
Abdillah, Fazli. “Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.” Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance 2, no. 1 (2024): 27–35. https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.335.
Amalia, Nala, Rahma Wati, Berliana Putri, and Diany Mairiza. “Eksistensi Prinsip Ekonomi Mikro Islam Terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Digitalisasi.” Sharing: Journal of Islamic Economics, Management and Business 2, no. 2 (2023): 142–56. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.23419.
Chamdan, Chamdan, Ludi Wishnu Wardana, Yusriyah Rahmah, Dinda Fatmah, and Mirhamida Rahmah. “The Impact of External Integration and Internal Integration to Product Innovation and Competitive Advantage on Small and Medium Enterprises (SMEs).” International Journal of Innovation and Economic Development 6, no. 4 (2020): 82–95. https://doi.org/10.18775/ijied.1849-7551-7020.2015.64.2006.
Chamdan Purnama, Zakiyah Zulfa Rahmah, Dinda Fatmah, Mirhamida Rahmah, Syaiful Hasani, Yusriyah Rahmah, and Yuliani, 8Binti Mutfarida. “Investigasi Peran Temporal Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Bank Syariah Indonesia.” Manajemen: Jurnal Ekonomi 6, no. 2 (2024): 390–400. https://doi.org/10.36985/qa4k6692.
Felix, Antonius, and Glisina Dwinoor Rembulan. “Digital Transformation and the Customer Experience: Enhancing Engagement and Loyalty.” Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan 4, no. 03 (2023): 228–40. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.6195.
Habib, Ahmed Mohamed, and Tamanna Dalwai. “Does the Efficiency of a Firm’s Intellectual Capital and Working Capital Management Affect Its Performance?” Journal of the Knowledge Economy 15, no. 1 (2024): 3202–38. https://doi.org/10.1007/s13132-023-01138-7.
Handayani, Fitri, and Ma’ruf Ma’ruf. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Djos Ghandos Sragen Tahun 2023.” Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis 1, no. 01 (2024): 1–8. https://doi.org/10.54622/jimbis.v1i01.256.
Hartika, Nely, Ipah Ema Jumiati, Liza Mumtazah Damarwulan, Agung Sudrajat, Widyawati Widyawati, and Rudiansyah Rudiansyah. “Upaya Mengurangi Pengangguran Melalui Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Provinsi Banten.” Sawala : Jurnal Administrasi Negara 11, no. 1 (2023): 42–53. https://doi.org/10.30656/sawala.v11i1.5901.
Indriyani, Indriyani, I Putu Bagus Wiranata, and Steven Hiu. “Strategi Peningkatan Efisiensi Operasional UMKM Di Era Digital: Pendekatan Kualitatif Dengan Business Intelligence Dalam Implementasi E-Commerce.” INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics 9, no. 1 (2024): 23. https://doi.org/10.51211/itbi.v9i1.2760.
Madiistriyatno, Harries. “Peran Harga Dan Promosi Mendukung Loyalitas Melalui Kepuasan Pada UMKM Laundry “Harfia" Jakarta Pusat.” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) 7, no. 4 (2024): 8570–78. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10662.
Pitaloka, L K, and K Kardoyo. “Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan Di Salatiga.” Madaniya 4, no. 4 (2023): 1368–80. https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/559%0Ahttps://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/download/559/392.
Rahmah, Mirhamida, Chamdan Purnama, and Dinda Fatmah. “Merancang Kesuksesan : Pelatihan Business Model Canvas Untuk Meningkatkan Motivasi Kewirausahaan” 3, no. 5 (2024): 343–49.
Rahmah, Zakiyah Zulfa, Yusriyah Rahmah, Chamdan Purnama, Dinda Fatmah, and Mirhamida Rahmah. “Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto).” Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2022): 1–12. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081.
Rajagukguk, Thetty Surienty. “Jurnal Pengabdian Masyarakat ( PENGAMAS ) Community Digitization Service : Improving Community Digital Skills Through Computer and Internet Training ( At MSMEs in Tuktuk Siadong Village , Samosir Pengabdian Mendigitalkan Desa : Meningkatkan Keterampilan D.” JurnalPengabdianMasyarakat(PENGAMAS) 1, no. 1 (2024): 212–28.
Rofi’, Agus, Indra Adi Budiman, Dadang Sudirno, and Dede Salim Nahdi. “Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital Di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 4 (2023): 3185–92. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6786.
Sibarani, Bebyola Fransisca, Abi Waqqosh, and Darmaida Sari. “Analisis Kasus Pembiayaan Murabahah Dan Dampaknya Terhadap Kinerja UMKM : Studi Kasus Pada UMKM Dilola Snack Medan” 5, no. 9 (2024): 4447–58.
Simamora, Dayanara, Bambang Irawan, and Sabiruddin. “Aktivitas Promosi Rumah Makan Grill Bro Di Media Sosial Instagram Pada Akun @grillbro.Id.” EJournal Ilmu Komunikasi 7, no. 4 (2019): 144–54.
Viola, Hasna Anugerah, and Achmad Room Fitrianto. “Perilaku Panic Buying Dan Resiliensi Dalam Menghadapi Krisis Pandemi Covid-19.” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 9, no. 1 (2022): 12. https://doi.org/10.24036/scs.v9i1.383.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinda Fatmah, Mirhamida Rahmah , Chamdan Purnama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.