PENERAPAN P5 TOLERANSI DI SMAN 1 PALANGKA RAYA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP INKLUSIF DAN KEBHINEKAAN SISWA
Keywords:
Toleransi, Sikap Inklusif, KebhinekaanAbstract
Program P5 merupakan salah satu inisiatif dalam Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai Pancasila, salah satunya melalui pembelajaran berbasis proyek yang berfokus pada penguatan sikap toleransi. Metode service learning digunakan sebagai pendekatan di mana siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan pelayanan masyarakat yang relevan dengan nilai toleransi, sehingga memungkinkan mereka mengembangkan pemahaman dan sikap inklusif melalui pengalaman langsung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan P5 di SMAN 1 Palangka Raya yang fokus pada toleransi memberikan dampak yang baik terhadap sikap inklusif siswa, sehingga mereka lebih mudah menerima keberagaman baik dari segi agama, suku, budaya, dan latar belakang sosial. Selain itu, dengan mendorong anak-anak untuk menghormati dan menghargai satu sama lain, pendekatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang damai dan mendukung.
References
Astuti, T. M. P., Setyowati, D. L., Hidayah, I., Kusumandari, R. B., Fajar, F., & Setyoko, D. T. (2024). Penanaman Karakter Toleran Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Smart (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 10(1), 15–28. Https://Doi.Org/10.18784/Smart.V10i1.2218
Ernawatie, E., Berliani, T., Purnomo, W., Eshariyani, E., Limin, D., Radiafilsan, C., Chairudin, M., & Kristina, D. (2024). Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Sinar Surya Palangka Raya. In Journal Of Education Research (Vol. 5, Issue 4).
Pandanwangi, A., Sukapura Dewi, B., Juli Rianingrum, C., & Wilastrina, A. (2023). Pelatihan Membuat Batik Diatas Kayu Dengan Menggunakan Metode Service Learning Di Sma Kebangsaan-Tanggerang Selatan. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.38048/Jailcb.V4i1.1411
Putri Aditya, M. C. (2023). Jurnalucy,+Penerapan+P5+Kolaborasi+Pelajaran+Ilmu+Sosial+Ekonomi+Sains+Dan+Seni+Budaya+Pada+Kurikulum+Merdeka. Academy Of Education Journal, 04(2).
Suzetasari, M. V., Hidayati, D., & Zakiyah, R. H. (2023). Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2968–2976. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i5.6106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ikaris Meilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.