BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR'AN BAGI SISWA KELAS XI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SMK AL ISHLAH PALANGKA RAYA
Keywords:
Bimbingan Membaca Al-Qur'an, meningkatkan, kemampuan membaca Al-Qur’anAbstract
Pentingnya bimbingan membaca Al-Qur'an bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk meningkatkan keterampilan Membaca Al-Qur'an yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam praktiknya dengan baik dan benar. Pembimbingan yang dilakukan ini diharapkan siswa SMK dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'ansesuai kaidah tajwid. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh bimbingan membaca Al-Qur'an bagi siswa kelas XI di SMK Al Ishlah Palangka Raya dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an. Metode yang digunakan adalah metode pengabdian yang memungkinkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini melibatkan 19 siswa dari kelas XI sebagai subjek Pengabdian, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan membaca sebelum dan sesudah bimbingan. Hasil analisis menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah dilakukannya pembimbingan membaca Al-Qur’an yang ditunjukkan pada kelancaran dan pengucapan huruf hijaiyah secara baik dan benar.
References
Arsyad, A., &Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476
A., Hasan, A., Arif, M., & Rouf, A., M. (2017). Starategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati Edisi Revisi Tahun 2017. Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.
A.K, A. K. (2019). Mengubah Amarah Menjadi Hikmah Jadikan Amarahmu Mutiara Hikmahmu (pertama, mei 2019). PT Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/Mengubah_Amarah_menjadi_Hikmah/-8SZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=manfaat+membaca+Al-Qur%27an&pg=PA137&printsec=frontcover
Damopolli. (2014). Action Research: Teori, model dan aplikasinya.
Della Indah Fitriani & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227
Fitri Rahmawati, I., Asma, Assyifa Saputri, K., Nisa, L., Siti Nurjanah, L., Nurhayati, R., Qamara Azizah, R., Sulistiawati, & Paloh, S. (2024). Kemampuan Membaca Al-Quran Berdasarkan Gender Pada Fakultas Kedokteran Angkatan 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 52–59. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.117
Laily, S. R. N., & Syarif, N. (2023). Efektifitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Prambon Nganjuk. 2023, 1, No. 2 Tahun 2023. https://journal.pusmedia.com/index.php/INJURIES/article/view/58/19
Pracilia, A., Gumay, F. D., & Sudrajat, I. (2024). PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI PAUD CERDAS CERIA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUBATEN SERANG.
Pribadiyanto, E. E. (2022). Penerapan Metode Tilawati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik. 10.
Qur’an Kemanag. (2024, Oktober). Qur’an Kemenag. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/96?from=1&to=19
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 26–44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97
Sunandar, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Bagi Remaja Dengan Metode Qiroati. 2021, 1, No. 1, 2021. https://www.riset-iaid.net/index.php/khidmat/article/view/733/588
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Azizah, Saiful Lutfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.