PENDAMPINGAN DZIKIR RUTIN DI RUANG BK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN PADA SISWA YANG BERMASALAH

Authors

  • Norjanah Norjanah IAIN Palangka Raya
  • Abdullah Abdullah IAIN Palangka Raya

Keywords:

Dzikir Rutin, Bimbingan Konseling, Pendampingan

Abstract

Pendampingan dzikir rutin di sekolah MAN Kota Palangka Raya muncul sebagai pendekatan inovatif yang dapat digunakan untuk membantu siswa yang menghadapi berbagai masalah. Pendampingan dzikir rutin ini bertujuan untuk meningkatkan ketenangan jiwa. Dzikir, sebagai praktik spiritual, dipercaya memiliki kekuatan untuk menenangkan pikiran dan hati. Melalui pengulangan nama-nama Tuhan atau frasa tertentu, siswa dapat merasakan ketenangan batin yang dapat membantu mereka menghadapi masalah emosional dan mental. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community-driven Development)Hasil pendampingan menunjukkan bahwa  secara signifikan meningkatkan ketenangan jiwa siswa yang bermasalah. Hal ini terlihat dari penurunan skor kecemasan pada skala kecemasan yang diberikan sebelum dan sesudah program. Selain meningkatkan ketenangan jiwa, program pendampingan dzikir juga berdampak positif pada perubahan perilaku siswa. Siswa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, dan aktif dalam kegiatan sosial sekolah.. Dengan demikian, pendampingan dzikir rutin ini tidak hanya berfokus pada aspek teknis dzikir, tetapi juga pada pengembangan spiritual dan moral siswa yang mengalami masalah.

References

Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu

Husna, I. (2021). Spiritualitas dan Kesehatan Mental: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Psikologi, 10(2), 145-158.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53-70.

Mazrur, M., Jennah, R., Norjanah, N., & Surawan, S. (2024). Pembinaan pada majlis taklim disekolah MAN Kota Palangka raya unutk meningkatkan kemampuan baca qur’an. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 33-42.

Mu’awanah, E. (2012). Bimbingan Konseling Islam.

Salahuddin, N. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya asset based community-driven development (ABCD).

Teras. District, T. P., Firda, A., Nissa, C. O., Harahap, A. A., Fatimah, S., & Raya, I. P. (2024). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di TPA Sulamunajah Kelurahan Tanjung Pinang The Role of Students in Improving the Quality of Islamic Religious Education at TPA. 4, 48–56.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Norjanah, N., & Abdullah, A. (2024). PENDAMPINGAN DZIKIR RUTIN DI RUANG BK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN PADA SISWA YANG BERMASALAH. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1901–1909. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/704