PEMBINAAN MAKHRIJUL HURUF DALAM MEMBACA IQRO DI SMAN 1 PALANGKA RAYA
Keywords:
Iqro, Makhrajul Huruf, TajwidAbstract
Pembinaan makhrajul huruf dalam membaca Iqro di SMAN 1 Palangka Raya bertujuan untuk memperbaiki keterampilan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah sesuai kaidah tajwid, yang penting untuk menjaga makna ayat Al-Qur'an. Kegiatan ini menggunakan metode service learning, yang mengintegrasikan pembelajaran teoritis dengan pelayanan langsung, di mana pengajar berperan aktif dalam membimbing siswa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat memahami makhrajul huruf secara praktis, memperoleh umpan balik, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam membaca Iqro. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa, terutama dalam melafalkan huruf-huruf yang sulit, seperti yang melibatkan tenggorokan dan lidah. Selain itu, program ini membangun motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur'an dan menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan saling mendukung. Program ini secara keseluruhan berkontribusi dalam memperkuat pemahaman tajwid dan nilai-nilai religius siswa.
References
Cahyani, R. d. (2023). Peningkatan Kemampuan Makhorijul Hurud Melalui Metode Tilawati dengan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Insan Kamil Makassar. 1-8.
Fairuzillah, M. N. (2021). The Positive Impact of Memorizing theQur’an on Cognitive Intelligence of Children. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 334-338.
Firdaus W. Suni Ah, a. d. (2023). Bimbingan Serta Pendampingan Baca Dan Tulis Al-Qur’an Bagi Anak Di Kelurahan Pager . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), hal 4736-4741.
Fitriyah, d. N. (2024). Pembinaan Membaca Al-Qur'an dengan Metode Iqra'Bil Qalam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Pesrta Didik Madrasah Tranawiha NU 14 Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), hal 8-19.
Nur Baiti, M. Y. (2024). Implementasi Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Usia Dini Di TK Az-Zahra Mondang. JMPAI : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), hal 203-216.
Permata, S. E. (2018). Service Learning:Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), hal 143-192.
Salsa Khalisah, d. (2023). Pelatihan Membaca Al-Qur'an Sesuai dengan Makhorijul Huruf dan Tajwid Pada Majlis Taklim di Desa Jayasakti Muara Gembong. Jurnal An-Nizam : Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(2), hal 27-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raida Raida, M. Redha Anshari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.