PENERAPAN TAHFIZ DAN DOA-DOA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUS SISWA KELAS XI PAI SMAN 3 PALANGKA RAYA
Keywords:
Penerapan, Tahfiz, Doa, Meningkatkan, ReligiusAbstract
Penerapan tahfiz dan doa-doa untuk meningkatkan religius diharapkan memperkuat nilai-nilai religius pada siswa. Tahfiz dan Doa-doa, sebagai peranan penting bagi kehidupan seorang muslim, memiliki potensi besar dalam membentuk karakter religius siswa dilaksanakan dengan pemahaman yang mendalam dan konsisten. Metode yang digunakan dalam pengabdian Ini yaitu service learning (SL) dan dilakukan selama kurang lebih 13 kali pertemuan pada bulan juli sampai oktober tahun 2024 ditujukan pada siswa kelas XI materi mata pelajaran PAI SMAN 3 Palangka Raya. Adapun Penerapan Tahfiz dan Doa-doa yang diterapkan meliputi dari surah ad-dhuha sampai an-nas dan adapun doa-doa meliputi doa selamat, doa setelah sholat, doa sapu jagat, dan doa untuk kedua orang tua. Selama penerapan berlangsung siswa-siswa wajib menghafal sesuai dengan tajwid. Siswa berjanji terus mengingat dan mengimplementasikan hapalannya, doa-doa yang sudah diterapkan dari penerapan yang diinginkan
References
Fathin Masyhud & Ida Husnur Rahmawati,Rahasia Sukses 3 Hafidz Cilik Mengguncang Dunia (Jakarta Timur: Zikrul Hakim), 2014, hlm. 208.
Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press
Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383
Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506
Ninin, R. H. (1970). Diri Religius: Suatu Perspektif Psikologi Terhadap Kepribadian Akhlaqul Karimah. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.2041
Nurjanah, I. (2018). Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam. Misykat:Jurnal Ilm-Ilmu Al-Qur’an, Hadits, Syariah Dan Tarbiyah, 03(01), 156–158.
Pandanwangi, A., Sukapura Dewi, B., Juli Rianingrum, C., & Wilastrina, A. (2023). Pelatihan Membuat Batik Diatas Kayu Dengan Menggunakan Metode Service Learning Di Sma Kebangsaan-Tanggerang Selatan. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1411
Setianingsih, E. S. dkk. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 76–82.
Sidauruk, D. F. (2019). Penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam Meningkatkan Hafalan dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2), 73–78. https://doi.org/10.19109/muaddib.v2i2.5765
Sudarta. (2022). 済無No Title No Title No Title. 16(1), 1–23.
Ubaidah, N. Al, Zamhari, A., Janah, M., Yuniar, Y., & Sari, P. P. (2023). Lingkungan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1103–1108. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.261
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aminah Aminah, Abdul Aziz, Muhammad Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.