PENDAMPINGAN EKSTRAKURIKULER HABSY TERHADAP PELESTARIAN TRADISI ISLAM PADA SISWA DI SMAN 3 PALANGKA RAYA

Authors

  • Gina Isnani Audina IAIN Palangka Raya
  • Abdul Aziz IAIN Palangka Raya
  • Norsiyah Norsiyah SMAN 3 Palangka Raya

Keywords:

Kesenian Habsyi, Pelestarian Tradisi Islam, Ekstrakurikuler, Service Learning, Siswa, SMAN 3 Palangka Raya

Abstract

Program bimbingan ekstrakurikuler Habsyi didirikan di SMAN 3 Palangka Raya sebagai upaya untuk menegakkan adat istiadat Islam di antara para siswa, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan minat siswa terhadap Habsyi, sebuah komponen penting dari budaya Islam. Pembelajaran layanan adalah pendekatan yang diambil dalam layanan ini, yang memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengetahuan secara langsung melalui praktik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para siswa dapat memahami dan menerapkan komponen-komponen seni Habsyi, serta semangat dan keterlibatan aktif mereka dalam setiap sesi. Selain berhasil menampilkan seni Habsyi, program ini mendorong apresiasi siswa terhadap adat istiadat Islam yang penuh dengan prinsip-prinsip yang mengagumkan.

References

Ali Syahroni, S. (2023). KESENIAN HADRAH ADALAH SALAH SATU WARISAN BUDAYA KABUPATEN NATUNA. Tapak Melayu, 01(01).

Bayhaqi H. Nur, Iszamul Dani N., Moch. Hasan Sidiq, A.B.A Majid, dkk. (2024). Membentuk Generasi Religius Melalui Pelatihan Seni Hadrah Al BANJARI DAN Pembacaan Sholawat Maulid Diba. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3), 790-802. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL

Iqbal, M., & Ansori, T. (2023). Strategi Pemberdayan Masyarakat Melalui Seni Hadroh di Dukuh Krajan Desa Bedrug Kecamatan Pulung. Social Science Academic, 91–98.

Nurbaeti, V. H., Wasta, A., & Apriani, A. (2021). Analisis Kesenian Lodong Gejlig Di Kampung Sukatani Desamandalagiri Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 99–105. https://doi.org/10.35568/magelaran.v4i1.1414

Prayogi, A., Anwar, S., Defi, M. A., Zulfa, N., Ananda, F., Azzahra, K., Fakhizati, U., Zahara, M., Aisyi, R., Mukaromah, M., & Itsnaini, A. R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Hadrah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Keterampilan Kesenian Islam Siswa di Smp Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(8), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10069979

Syahmidi, S., Surawan, S., Anshari, M. R., & Yusuf, M. (2023). Pembinaan Remaja Dalam Melestarikan Kesenian Habsyi Sebagai Media Dakwah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 9(1), 60–72. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12017

Tindarika, R., & Ramadhan, I. (2021). Kesenian Hadrah Sebagai Warisan Budaya Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 907. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.907-926.2021

Yusuf, M., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Pembinaan Remaja Dalam Pelestarian Kesenian Al-Banjari Melalui Gebyar Nasyid. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.5219

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Audina, G. I., Aziz, A., & Norsiyah, N. (2024). PENDAMPINGAN EKSTRAKURIKULER HABSY TERHADAP PELESTARIAN TRADISI ISLAM PADA SISWA DI SMAN 3 PALANGKA RAYA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1846–1852. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/695