PENDAMPINGAN DALAM KEGIATAN MUHADARAH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA
Keywords:
Kepercayaan Diri, Muhadarah, PendampinganAbstract
Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MA Darul Ulum Palangka Raya melalui kegiatan muhadarah. Pengabdian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dengan langkah siklus 5-D, yang yang mencakup penemuan aset, penentuan topik, penetapan tujuan, impian, perancangan kegiatan, dan implementasi atau evaluasi. Selama lima hari, pendampingan dilakukan dengan materi tentang bahasa tubuh dan intonasi serta sesi latihan. Hasil dari pendekatan ABCD menunjukkan bahwa pendampingan yang efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan oleh siswa yang berhasil menunjukkan indikator kepercayaan diri, menggunakan intonasi yang tepat, dan menarik perhatian audiens. Metode yang fokus pada kekuatan dan potensi siswa ini meningkatkan kepercayaan mereka saat berbicara di depan umum dan menghasilkan pengalaman belajar yang berharga.
References
Ansori, Muhammad. 2021. “Metode Tahfidz Apel Dan Muraja’ah: Pendampingan Terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Juz ’Amma Siswa SD Plus Al-Qodiri.” Al-Ijtimā’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):139–58.
Apriliyanti, Apriliyanti. 2023. “Analisis Penggunaan Komunikasi Nonverval Pada Persentasi Kelas.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2(7):1554–60. doi: 10.58344/jmi.v2i7.313.
Fadilla, Witri Nur, and Khoirul Umam. 2024. “Implementasi Program Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI Agama Di MAPM Cukir Jombang.” Al-Ta’dib: Jurnal Ilmu Pendidikan 14(01):45–51. doi: https://doi.org/10.33752/altadib.v14i01.6058.
Faramita, Firdaus, and Nazaruddin. 2024. “Pengaruh Kegiatan Muhadharah Terhadap Kecerdasan Linguistik Dan Kepercayaan Diri Peserta Didik.” AL-Ilmi Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 4(2):12–25.
Febiola, Angela Lisky, and Wahidah Fitriani. 2023. “Dampak Body Shaming Terhadap Kepercayaan Diri.” Batanang: Jurnal Psikologi 2(1):69–85. doi: 10.61902/motorik.v18i1.579.
Khoiriyah, Imroatun, Samsi Haryanto, and Rahayu Retnaningsih. 2022. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Percaya Diri Siswa Di Sekolah Dasar.” Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar 1(2):71–94. doi: 10.30738/tuladha.v1i2.13498.
Lestari, Dinda Ayu, and Erni Asbi Asneli. 2022. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Melalui Platform Youtobe.” Abdisoshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora 1(1):98–104. doi: 10.55123/abdisoshum.v1i1.505.
Lisanias, Claudia Verra, J. T. Lobby Loekmono, and Yustinus Windrawanto. 2019. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Progdi Pendidikan Sejarah Uksw Salatiga.” Psikologi Konseling 15(2):431–40. doi: 10.24114/konseling.v15i2.16192.
Munawir. 2021. “Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri ( Kajian Pengaruh Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpidato Santri Di Kabilah Thalibul Jihad Bireuen ).” Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta 8(1):69–70.
Muzalifah, Muzalifah, S. T. Rahmah, Abubakar Abubakar, Taufik Warman Mahfuzh, Muslimah Muslimah, Sagaf Baitullah, Yuniarti Yuniarti, and Rahmad Wahyudi. 2021. “Peningkatan Nilai Produk Jahe Merah Melalui Pengarusutamaan Jender Dalam Bingkai Moderasi Agama Sebagai Modal Sosial Di Kalampangan Palangka Raya.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat 2:17–30.
Perdana, Fani Juliyanto. 2019. “Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar.” Jurnal Edueksos 8(2).
Rahayu, Fitriani. 2019. “Efektivitas Self Efficacy Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Consilia 2(2):119–29.
Santoso, Erfan Dwi, Rizki Amalia Sholihah, and Yafita Arfina Mu’ti. 2021. “Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah Dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi.” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6(1):1029–39. doi: 10.35568/naturalistic.v6i1.1205.
Sunardi, Didi. 2024. “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dengan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Greged Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023 / 2024.” Edulead : Journal of Education Management 5(2023):22–30.
Yusuf, Muhamad, Juni Iswanto, Muhamad Fuad, and Alfin Yuli Dianto. 2023. “Pendampingan Metode Abcd Dalam Peningkatan Pemahaman Al-Qur’an Dan Fiqh Dasar Pada Peserta Jamaah Tahlil Di Desa Joho Pace Nganjuk.” Ngaliman: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):103–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pai Datul, Noorazmah Hidayati, Mila Nur‘Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.