PEMBINAAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE PRA TILAWATI BAGI REMAJA KELAS X DI SMK AL-ISHLAH PALANGKA RAYA
Keywords:
Pembinaan, Pra Tilawati, Membaca Al-Qur'anAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pembinaan pengenalan huruf hijaiyah melalui metode Pra Tilawati dalam pembelajaran membaca Al- Qur’an bagi remaja kelas X di SMK Al-Ishlah Palangka raya. Metode ini dipilih karena dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an secara tartil dan benar, sesuai dengan tajwid. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yang meliputi pengenalan huruf-huruf hijaiyah, latihan membaca ayat-ayat pendek, serta penerapan kaidah tajwid secara bertahap. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu peserta didik agar lebih lancar membaca Al-Qur'an dan memahami maknanya, sekaligus menanamkan kecintaan terhadap kitab suci sebagai pedoman hidup. Metode Pra Tilawati dipilih karena pendekatannya yang sistematis dan mudah dipahami, sehingga efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Pra Tilawati efektif dalam memperbaiki kesalahan bacaan siswa, meningkatkan kelancaran membaca, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap tajwid. Dengan demikian, pembinaan membaca Al-Qur'an menggunakan metode Pra Tilawati dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa remaja di SMK Al-Ishlah. Implementasi yang berkelanjutan dan adaptasi terhadap kebutuhan siswa sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih optimal.
References
Abdul Rahmat, Mirnawati, (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat
Abdurrohim Hasan, dkk, (2010). Strategi Pembelajaran Al -Qur’an Metode Tilawati, (Surabaya: Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah, hlm. 9.
Agus Afandi, dkk, (2013). Modul Participatory Action Reseacrh (PAR) (IAIN Sunan Ampel Surabaya: Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) hal. 41
Dr. Hitami Mundzir, M.A. “Pengantar Studi Al-Quran” Teori danPendekatan : LkiS Printing Cemerlang, Yogyakarta: 2012, hlm 15
Faizah, Salim Ashar, M. K. D. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127
Muksin, N. (2021). Mengedukasikan Hikmah dan Manfaat Jika Rutin dalam Membaca Al-Qur’an
pada Ruang Lingkup Remaja Masjid Rw 08, Kp. Kebantenan, Pondok Aren,
Tangerang Selatan.
Nasirudin, M., Faizah, M., Ashar, S., & Dewi, M. K. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok
Rohmah, S. F., Pesha, I. N. Y., & Triwoelandari, R. (2023). Implementasi metode Tilawati dengan nada Rost terhadap kualitas tahfizh juz Amma. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 333-348.
Sabilul Huda, (2024). Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat,2(2),127-131.Yunika, U. Pendampingan BMQ Mahasiswa MenggunakanMetode Tilawati di IAIN Palangka Raya. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia,2(2),1-8.
Silvina, A. D. (2021). Faktor Penyebab Menurunnya Minat Anak Dalam Belajar Al-Qur’an Di Tpq An-Nafi’u Desa Sukarami Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Willy, A., & Utami, E. P. (2021). Penerapan Metode Tilawati pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.Mohamad Nasirudin, Mazidatul
Yuda, AS. (2022). Pembinaan Standardisasi Tilawati Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Sekolah Tahfidz Berkemajuan SD Muhammadiyah 29 Surabaya menggelar pembinaan standardisasi tilawati
Zaenap Hartati, Emawati, L. A. D. (2016). Metodologi Baca Tulis Al-Quran: Refleksi Belajar Alquran Pada Mahasiswa Iain Palangkaraya. 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erika Widia Sukmah, Saiful Lutfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.