PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI GAMES BINGO DI RA BINA INSANI MUSLIM BEKASI
Keywords:
TK Bina Insani Muslim, Games Bingo, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstract
Tujuan PKM ini adalah memberikan pendampingan pembelajaran Bahasa inggris pada anak RA atau TK Bina Insani Muslim dengan bermain games bingo. Games bingo ini menjadi salah satu bagian yang digunakan oleh tim abdimas dalam strategis pembelajaran pengenalan Bahasa asing. Khususnya Bahasa Inggris di RA Bina Insani Muslim, kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di TK Bina Insani Muslim yang berada di kelurahan Jatimulya kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Mitra pengabdian adalah seluruh Siswa RA Bina Insani Muslim. Pengabdian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dibulan September 2024, Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk membantu anak-anak usia dini semangat belajar kosa kata bahasa Inggris, bingo game adalah salah satu pilihan terbaik untuk media pembelajaran. Selama permainan berlangsung, keterlibatan dan interaksi anak-anak usia dini juga meningkat. Untuk menghindari kebosanan anak-anak karena menggunakan media pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi. Pembelajaran Bahasa Inggris di RA Bina Insani Muslim tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu metode yang efektif dalam mencapai tujuan ini adalah dengan menggunakan media permainan, khususnya permainan Bingo. Permainan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka belajar kosakata serta struktur bahasa Inggris dengan cara yang interaktif.
References
Arifani, Febyana. “Efektivitas Permainan Bingo Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alphabet Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Skripsi (2021).
Bintoro, Yusuf, and Wahyu Pujiyono. “Game Edukasi Pengenalan Transportasi Dan Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash (Studi Kasus: TK ABA Pokoh).” Semnasteknomedia Online 3, no. 1 (2015): 5-7–11. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/871.
Elkarimah, M F, and L Tiwiyanti. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Inggris; Pesantren Hayatinnur Dengan Menggunakan Metode Drill.” Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada … 2, no. 2 (2024): 517–523. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/442%0Ahttps://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/download/442/337.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Ahmad Jaeni MA. “PKM Mengasah Kompetensi Dasar Guru/Pendidik Al-Qur’an Melalui Pelatihan Sehari.” Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 3 (2023): 577–583.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Zainal Arifin Madzkur. “Pembinaan Karakter Santri Pondok Tahfidz Hayatinnur Melalui Kitab Akhlakul Lil Banin Jilid 1.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 6, no. 1 (2023): 71.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Usman Sutisna. “Pendampingan Pengajaran Metode Iqro’ Untuk Guru-Guru Di TPA Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 2 (2021): 178–184.
Maria, Yuliana D, Karmel Kara, Fransiskus Maria Separ, Fibrianto Ambat, Kresensiana Yoma, Yasinta Par Endung, and Ana G Maria Djou. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Games.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 1 (2024): 35–42. https://doi.org/10.37478/mahajana.v5i1.4083.
Mia Fitriah El karimah, and Leni Tiwiyanti. “Pkm Pendampingan Sd It Bina Insani Muslim; Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 5 (2023): 1172–1179.
Sandri, Prima Ramadhayani, Anggy Trisnadoli, and Erwin Setyo Nugroho. “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Untuk Anak TK.” Smatika Jurnal 9, no. 02 (2020): 59–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mia Fitriah Elkarimah, Leni Tiwiyanti, Siti Fuadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.