PEMANFAATAN PERMAINAN 'LYRICAL SCRAMBLE' DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA

Authors

  • Nazwa Maulani Dewi IAIN Palangkaraya
  • Akhmad Ali Mirza IAIN Palangkaraya

Keywords:

Lyrical Scramble, Listening Skills, Student Motivation

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan kosakata siswa melalui permainan Lyrical Scramble. Program ini dilakukan di MTs Fathul Jannah, melibatkan 15 siswa kelas 9C. Permainan Lyrical Scramble memanfaatkan potongan lirik lagu berbahasa Inggris yang diacak dan meminta siswa untuk menyusunnya kembali. Kegiatan ini dirancang untuk membangkitkan minat belajar siswa dan mendorong kerja sama tim. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa permainan berbasis musik secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, keterampilan mendengarkan, dan kolaborasi dalam kelompok. Penggunaan hadiah sebagai insentif juga terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi siswa. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial siswa, termasuk kepemimpinan dan kolaborasi.

References

Adinda Riana Hermawan, Khairunnisya Azzahra, & Siti Azahra. (2024). Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan di Sekolah Dasar Negeri 060944. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 290–295. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3136

Arifin, M. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Terhadap Kemampuan Listening Siswa Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 3 Depok The Effect Of Listening Audio Media On The Listening Skills Of Muhammadiyah 3 Junior High School Of Depok Sleman Students Grade VII. https://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2317

Hasanah, Z. ., & Himami, A. S. . (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Ikhsan, M. N., Mardianti Zebua, Y., & Tarigan, F. N. (2023). Analisis Kesulitan Dan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa SMP Negeri 2 Gebang. 3.

Indrawan, P. A., Mando, B. M., & Suriata, S. (2017). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 132–141. https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p132

Laki, I. P. H. (2024). ANALISIS PENGARUH VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 9 KUPANG. In Jurnal Lazuardi-Edisi XIII (Vol. 7, Issue 2). http://ejurnal-pendidikanbahasaundana.com-59

Nasution, S. hairani, Athifa Radella tabina, Ahmad Alwi, Nurul Azmi Aziz, Rihla Azmira, Rizka Julia Putri, & M. Ridho Lubis. (2024). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Pemahaman, Keterampilan Sosial, Dan Motivasi Belajar Siswa. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.61292/cognoscere.97

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurhasanah, P., & Ningsih, W. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pemberian Reward pada Mata Pelajaran PAI di Kelas 2 SDN 2 Pusakasari, Cipaku-Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 162-178. Retrieved from https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1736

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).

Rasyi, Y., & Setiadi, S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA SAMA (PBK). PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 91–108. https://doi.org/10.21009/parameter.291.09

Rismayanti, R., Rayhan, M. A., Khairullah, Q., Adzim, E., Lu, L. ’, Fatihah, A., Pendidikan, T., Kampus, U., & Siliwangi, B. (2023). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. In Juni (Vol. 02, Issue 2). http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Tauhid, K., & Lubis, ; | Patiyasa. (2024). Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris (Vol. 3).

Ulimaz , A. ., Salim, B. S. ., Yuniwati, I. ., Marzuki, M., Syamsuddin, A. ., & Tumpu, A. B. . (2024). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1962–1976. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25604

Widiastuty, H., Dewi, N. M., Nurrahmah, S., Setiawati, Y., Rahman, M. H., Lestari, A. P., Basahil, A., & Penulis, K. (n.d.). Inovasi Pembelajaran: Media Diorama Untuk Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris di Mi Fathul Jannah. https://doi.org/10.61132/ardhi.v1i3.448

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Dewi, N. M., & Mirza, A. A. (2024). PEMANFAATAN PERMAINAN ’LYRICAL SCRAMBLE’ DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1835–1845. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/688