PENDAMPINGAN METODE TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DI SMPN 8 PALANGKARAYA

Authors

  • Riya Kusmita IAIN PALANGKA RAYA
  • Zainap Hartati IAIN PALANGKA RAYA
  • Eko Alfajar IAIN PALANGKA RAYA

Keywords:

Metode Tilawati, membaca Al-Qur'an

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendampingan metode Tilawati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an pada siswa di SMPN 8 Palangkaraya, khususnya pada siswa kelas IX. Latar belakang kegiatan pengabdian ini adalah pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an secara fasih dan sesuai dengan kaidah tajwid, yang merupakan keterampilan esensial bagi umat Islam. Metode Tilawati dikenal sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an karena pendekatannya yang sistematis dan mudah dipahami. Pendampingan yang dilakukan dalam penelitian ini melibatkan serangkaian kegiatan pembelajaran intensif yang menggabungkan teori tajwid, praktik membaca, dan evaluasi berkelanjutan. Diharapkan siswa kelas IX mampu mengaplikasikan tajwid dengan benar, serta lebih percaya diri dalam membaca Al-Qur'an baik di hadapan guru atau teman-teman sekelas. Kesimpulannya, metode Tilawati terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an siswa di SMPN 8 Palangkaraya, dan disarankan agar metode ini diterapkan lebih luas di sekolah-sekolah lainnya untuk membantu meningkatkan literasi Al-Qur'an di kalangan siswa.

References

Asim, M., Mufti, A., Rianti, R., Ilmi, I., Supriatna, D., Munawaroh, L., ... & Maryatin, E. (2023). Pendampingan Penerapan Metode Tilawati Pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Desa Jangraga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(3), 197-204.

Abduloh, A. Y., & Ahyani, H. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). Jurnal Tawadhu, 4(2), 1209-1227.

Wahpiudin, Y., Facrurozi, M., Khoir, M. M., Sairaji, A., & Saputri, F. M. (2023). Pendampingan Metode Tilawati dalam Melafazkan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Darul Hikmah Barito Utara Desa Walur: Studi Pengabdian Masyarakat. MAKKARESO, 65-70.

Derti, S., Kustati, M., & Gusmirawati, G. (2023). Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati di Masjid Taqwa Jambak Lubuk Sikaping. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(4), 17-26.

Nasirudin, M., Faizah, M., Ashar, S., & Dewi, M. K. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127-131.

Yunika, U. (2024). Pendampingan BMQ Mahasiswa Menggunakan Metode Tilawati di IAIN Palangka Raya. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 2(2), 1-8.

Rohmah, S. F., Pesha, I. N. Y., & Triwoelandari, R. (2023). Implementasi metode Tilawati dengan nada Rost terhadap kualitas tahfizh juz Amma. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 333-348.

Willy, A., & Utami, E. P. (2021). Penerapan Metode Tilawati pada Pembelajaran Membaca AlQuran.

Mohamad Nasirudin, Mazidatul Faizah, Salim Ashar, M. K. D. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127–131.

Hartati, Z. (2017). (similarity) Tasyrifin Karim, merintis pengembangan baca Al-Qur'an untuk orang dewasa.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Kusmita, R., Hartati, Z., & Alfajar, E. (2024). PENDAMPINGAN METODE TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPN 8 PALANGKARAYA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1761–1769. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/678