INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELESTARIAN DAN MODERNISASI PAGUYUBAN SENI PENCAK SILAT KOTA BANJAR
Keywords:
pencak silat, digital, teknologi, BanjarAbstract
Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari Asia Tenggara yang berkembang di Indonesia salah satunya Kota Banjar. Pengakuan ini menunjukkan peran pentingnya dalam budaya dan identitas nasional Indonesia serta kontribusinya terhadap warisan budaya dunia. Permasalahannya kurangnya minat generasi muda terhadap pencak silat sebagai warisan budaya yang mengharuskan adaptasi terhadap teknologi informasi sebagai tantangan yang mengancam keberlanjutan budaya pencak silat. Solusi untuk mitra dalam mengatasi penurunan minat generasi muda terhadap pencak silat dan tantangan modernitas, perlu diambil tindakan yang mencakup inovasi teknologi, dengan mengembangkan platform digital website Jawara_Banjar yang menyediakan sistem informasi tentang pencak silat. Dengan dukungan teknologi informasi diharapkan menarik minat generasi muda yang terbiasa menggunakan teknologi. Kegiatan Pengabdian ini memberikan wawasan baru mengenai potensi teknologi informasi dalam menghidupkan kembali tradisi pencak silat dan mengadaptasinya untuk generasi masa depan, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal di tengah arus globalisasi.
References
Sucipto A, Adrian QJ, Kencono MA. Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). 2021;10(1):40–5.
Narulita A, Fajar CM, Riesma RSN, Rachman JB, Aditiany S, Dipura DS. Sosialisasi Citra Baru Pencak Silat sebagai Soft Power Indonesia Kepada Siswa SMP Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019;2(1):72–92.
Hidayatullah T, Rasid R. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERKUMPULAN PENCAK SILAT CINGKRIG SERBAGUNA MELALUI PROGRAM PELATIHAN PENCAK SILAT. Jurnal Kommunity Online. 2023;2(2):91–106.
Destiana AW, Fauzi A. SENI BELA DIRI PENCAK SILAT SEBAGAI FILTER ASIMILASI (STUDI KASUS KECAMATAN PICUNG, KABUPATEN PANDEGLANG). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha. 2023;5(3):229–33.
Sucipto A, Adrian QJ, Kencono MA. Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). 2021;10(1):40–5.
Ilham W, Musa NM, Amin RM. Pencak Silat sebagai Warisan Budaya: Identitas Lokal Seni Silat Ulu Ambek di Pariaman, Sumatera Barat. Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama. 2023;8(1):37–54.
Widodo P, others. Perancangan Website E-Commerce Penjualan Alat Olahraga Pencak Silat. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS). 2018;8(1).
Abriyanto MA. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SANGGAR KESENIAN PADA KOTA JAMBI BERBASIS WEB. STIKOM DINAMIKA BANGSA; 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratningsih Ratningsih, Ai Ilah Warnilah, Melisa Winda Pertiwi, Herlan Sutisna, Riksa Munggaran, Ranti Maharani, Raja Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.