INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELESTARIAN DAN MODERNISASI PAGUYUBAN SENI PENCAK SILAT KOTA BANJAR

Authors

  • Ratningsih Ratningsih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ai Ilah Warnilah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Melisa Winda Pertiwi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Herlan Sutisna Universitas Bina Sarana Informatika
  • Riksa Munggaran Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ranti Maharani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Raja Ramdhani Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

pencak silat, digital, teknologi, Banjar

Abstract

Pencak Silat merupakan seni  bela diri tradisional yang berasal dari Asia Tenggara yang  berkembang di Indonesia salah satunya Kota Banjar. Pengakuan ini menunjukkan peran pentingnya dalam budaya dan identitas nasional Indonesia serta kontribusinya terhadap warisan budaya dunia. Permasalahannya kurangnya minat generasi muda terhadap pencak silat sebagai warisan budaya yang mengharuskan adaptasi terhadap teknologi informasi sebagai  tantangan yang mengancam keberlanjutan budaya pencak silat. Solusi untuk mitra dalam mengatasi penurunan minat generasi muda terhadap pencak silat dan tantangan modernitas, perlu diambil tindakan yang mencakup inovasi teknologi, dengan mengembangkan  platform digital website Jawara_Banjar yang menyediakan sistem informasi tentang pencak silat. Dengan dukungan teknologi informasi diharapkan menarik  minat generasi muda yang terbiasa menggunakan teknologi. Kegiatan Pengabdian  ini memberikan wawasan baru mengenai potensi teknologi informasi dalam menghidupkan kembali tradisi pencak silat dan mengadaptasinya untuk generasi masa depan, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal di tengah arus globalisasi.

References

Sucipto A, Adrian QJ, Kencono MA. Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). 2021;10(1):40–5.

Narulita A, Fajar CM, Riesma RSN, Rachman JB, Aditiany S, Dipura DS. Sosialisasi Citra Baru Pencak Silat sebagai Soft Power Indonesia Kepada Siswa SMP Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019;2(1):72–92.

Hidayatullah T, Rasid R. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERKUMPULAN PENCAK SILAT CINGKRIG SERBAGUNA MELALUI PROGRAM PELATIHAN PENCAK SILAT. Jurnal Kommunity Online. 2023;2(2):91–106.

Destiana AW, Fauzi A. SENI BELA DIRI PENCAK SILAT SEBAGAI FILTER ASIMILASI (STUDI KASUS KECAMATAN PICUNG, KABUPATEN PANDEGLANG). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha. 2023;5(3):229–33.

Sucipto A, Adrian QJ, Kencono MA. Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). 2021;10(1):40–5.

Ilham W, Musa NM, Amin RM. Pencak Silat sebagai Warisan Budaya: Identitas Lokal Seni Silat Ulu Ambek di Pariaman, Sumatera Barat. Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama. 2023;8(1):37–54.

Widodo P, others. Perancangan Website E-Commerce Penjualan Alat Olahraga Pencak Silat. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS). 2018;8(1).

Abriyanto MA. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SANGGAR KESENIAN PADA KOTA JAMBI BERBASIS WEB. STIKOM DINAMIKA BANGSA; 2019.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ratningsih, R., Warnilah, A. I., Pertiwi, M. W., Sutisna, H., Munggaran, R., Maharani, R., & Ramdhani, R. (2024). INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELESTARIAN DAN MODERNISASI PAGUYUBAN SENI PENCAK SILAT KOTA BANJAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1691–1699. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/676