SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA REJOMULYO

Authors

  • Pamela Intan Arlianti Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Rahmah Ningsih Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Luqmanul Khakim Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Lutfi Maryatul Kiptiyah Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Erika Adistia Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Raka Tri Oktaf Putra Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Rima Melati Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Siti Maratus Soleha Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Media Sosial

Abstract

Sosialisasi digital marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Rejomulyo bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan media digital sebagai strategi pemasaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2024, dengan metode penyuluhan dan pelatihan langsung yang mencakup penggunaan fitur WhatsApp Business, seperti katalog produk dan pesan otomatis. Hasil dari sosialisasi menunjukkan bahwa pemilik UMKM memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang digital marketing dan mampu menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, peserta juga belajar tentang pentingnya analisis data untuk memahami perilaku konsumen dan mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang lebih luas dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

References

Fadilah, Anggi, Okta. ”Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM” Jurnal Pengabdian Mahasiswa, Vol 2, No 1 (2023): 2.

Indrapura, Putri Fauziah Sri, dan Uus Mohammad Darul Fadli. “Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika.” Jurnal Economina Vol. 2, No. 8 (2023): 1-2.

Junaidi, M. “UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat,” 2023. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Mariam, Siti, dan Abdul Haeba Ramli. “Pengenalan digital marketing e-katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur.” Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 5, No. 1 (2022): 6.

Purnomo, and Prastika “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kiner.” n.d, (2019).

Saputra, Harmawan Teguh, Ferda Maryatul Rif’ah, dan Bayu Andrianto Andrianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship Vol. 1, No. 1 (2023): 30.

Wati, Andy, Prasetyo, dkk, Digital Marketing, Edulitera (Malang, Anggota IKAPINo.211/JTI/2019).

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Arlianti, P. I., Ningsih, R., Khakim , L., Kiptiyah, L. M., Adistia, E., Putra, R. T. O., Melati, R., & Soleha, S. M. (2024). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA REJOMULYO . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1601–1612. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/672