SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA REJOMULYO
Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Media SosialAbstract
Sosialisasi digital marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Rejomulyo bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan media digital sebagai strategi pemasaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2024, dengan metode penyuluhan dan pelatihan langsung yang mencakup penggunaan fitur WhatsApp Business, seperti katalog produk dan pesan otomatis. Hasil dari sosialisasi menunjukkan bahwa pemilik UMKM memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang digital marketing dan mampu menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, peserta juga belajar tentang pentingnya analisis data untuk memahami perilaku konsumen dan mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang lebih luas dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.
References
Fadilah, Anggi, Okta. ”Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM” Jurnal Pengabdian Mahasiswa, Vol 2, No 1 (2023): 2.
Indrapura, Putri Fauziah Sri, dan Uus Mohammad Darul Fadli. “Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika.” Jurnal Economina Vol. 2, No. 8 (2023): 1-2.
Junaidi, M. “UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat,” 2023. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html
Mariam, Siti, dan Abdul Haeba Ramli. “Pengenalan digital marketing e-katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur.” Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 5, No. 1 (2022): 6.
Purnomo, and Prastika “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kiner.” n.d, (2019).
Saputra, Harmawan Teguh, Ferda Maryatul Rif’ah, dan Bayu Andrianto Andrianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship Vol. 1, No. 1 (2023): 30.
Wati, Andy, Prasetyo, dkk, Digital Marketing, Edulitera (Malang, Anggota IKAPINo.211/JTI/2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pamela Intan Arlianti, Rahmah Ningsih, Luqmanul Khakim , Lutfi Maryatul Kiptiyah, Erika Adistia, Raka Tri Oktaf Putra, Rima Melati, Siti Maratus Soleha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.