PERAN PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MILENIAL BERPENDIDIKAN DI SDN 2 CINTAKARYA
Keywords:
Parenting, Millennial,, Bullying, GadgetsAbstract
Generasi milenial, terutama anak-anak dan remaja saat ini, hidup di era digital yang penuh tantangan, seperti kecanduan gadget dan bullying. Berdasarkan observasi di SD Negeri 2 Cintakarya, banyak orang tua merasa kewalahan dalam mendampingi anak-anak mereka, yang berujung pada kurangnya pengawasan dan pemahaman terhadap kebutuhan pendidikan anak. Untuk mengatasi masalah ini, seminar parenting dengan tema "Kiat Sukses Mendampingi Anak Menjadi Generasi Milenial yang Berpendidikan" diselenggarakan dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari bullying serta mengurangi kecanduan gadget di kalangan siswa, memberikan panduan kepada orang tua dalam mendampingi anak di era digital dan mendorong orang tua untuk lebih aktif terlibat dalam pendidikan anak. Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), dimana seminar ini melibatkan orang tua, guru, dan masyarakat dalam mengidentifikasi masalah serta merancang solusi. Kegiatan ini mencakup presentasi, diskusi, sesi tanya jawab, dan lokakarya praktis yang bertujuan memberikan wawasan dan keterampilan kepada orang tua dalam mendampingi anak di era digital. Hasil seminar menunjukkan bahwa orang tua mendapatkan pengetahuan baru dan merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan pengasuhan, dengan harapan dapat mengurangi kecanduan gadget dan bullying di kalangan anak-anak. Dengan demikian, seminar ini berkontribusi pada penciptaan lingkungan yang lebih baik bagi perkembangan generasi milenial.
References
Fatmawati, Nur Ika, and Ahmad Sholikin. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 11, no. 2 (2019): 119–38.
Hidayati, Nurul. “Bullying Pada Anak: Analisis Dan Alternatif Solusi.” Jurnal Insan 14, no.
(2012): 41–48. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/artikel 5-14-1.pdf.
Manan, Abdul. “Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital, SCHOLASTICA.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 15, no. 1 (2023): 56–73.
Oktaviany, Desri, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (2023): 1245–
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400.
Qomar, Moh. Nurul, Lorena Dara Putri Karsono, Fina Zahrotul Aniqoh, Chamidah Nor Aini, and Yassirlana Anjani. “Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par).” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2022): 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat.
Samsudi, M. Agus, and Abdul Muhid. “Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa.”
SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2, no. 02 (2020): 122–
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neneng Nurmalasari, Imas Masitoh, Ina Nurwahidah, Euis Hayun Tayibah, Wini Yuliantika, Sinka Nurussalam, Ai Robihatil Milah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.