PEMBINAAN PROGRAM TAHFIDZ PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SDN 21 LUBUK ALUNG
Keywords:
Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan pembinaan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui program tahfidz di SDN 21 Lubuk Alung dengan menggunakan metode Ummi. Dalam menghafal Al-Qur’an, tentunya seorang guru mempunyai suatu metode yang memudahkan untuk membaca dan menghafal A-Qur’an. Metode merupakan salah satu komponen dinasi yang sangat penting dengan adanya metode maka proses menghafal Al-Qur’an akan lebih maksimal. Oleh karena itu seorang guru tahfidz harus mempunyai metode untuk peserta didik supaya peserta didik yang malas, jenuh dalam menghafal Al-Qur’an tidak berhenti dijalan. Salah satu metode praktis yang dapat digunakan oleh guru tahfidz adalah menggunakan metode Ummi. Metode yang dipakai dalam pembinaan ini adalah melalui strategi Participatory Action Research (PAR). Participatory Action Research (PAR) merupakan metode penelitian yang mengkaji tindakan yang sedang berjalan (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik. Pembinaan dengan menggunakan metode Ummi di SDN 21 Lubuk Alung ini sudah berjalan dengan baik. Program tahfidz dengan menggunakan metode ummi dilaksanakan dengan menggunakan langkah-langkah sesuai dengan pola penggunaan metode ummi dan sesuai dengan aturannya. Hasil dari pembinaan ini menunjukkan bahwa melalui program tahfidz dengan menggunakan metode Ummi ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, selain itu dengan menggunakan metode Ummi dapat meningkatkan ingatan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dan juga dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam mengulang/memuraja’ah hafalan Al-Qur’an nya. Semua peserta didik yang mengikuti program tahfidz di SDN 21 Lubuk Alung diharapkan mampu mengulangi, menambah serta meningkatkan kemampuannya dalam menghafal Al-Qur’an.
References
Ahadiayah Wahyuni, N. E. P. M. (2024). Pengaruh Penerapan metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MA M’arif Puter Kembangbahu. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 109–123. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.496
Arif, S., & Sari, S. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Ummi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Fauzi, H. N., & Dahlan, A. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa Sdit Salsabilla Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7.
Harahap, B. S. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an - Sri Belia Harahap, M.Pd - Google Buku. In Scopindo Media pustaka.
Hernawan, Didik, M. (2018). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 19, 27–35.
Junaidin Nobisa, & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 44–70. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110
Kholid, I. (2024). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Quran (Ttq) Juz 30 Di Sd It An-Naba Desa Ciasem Girang Kecamatan …. Al-Huda: Journal of Madrasah Ibtidaiyahhttps://ejournal.staimifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/589%0Ahttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/download/589/175
Nadiroh, I., & Farikhah, I. (2024). Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma Metode ‘Ummi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Di Min I Jombang). Abnauna:JurnalIlmuPendidikanAnak.https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2491
Ni’mal Fajria, L., Pesantren, P., & Ngabar, W. (2023). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. In JOIES: Journal of Islamic Education Studies (Vol. 8, Issue 1).
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
Peni Widianti Nugraha Mulia, Ikin Asikin, & Dinar Nur inten. (2024). Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an pada Siswa Kelas 1 SD Ibnu Sina Padasuka Cicaheum Kab. Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 198–203. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.11782
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rifa’i, A., & Nasir, M. (2018). Efektivitas Metode Ummi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Alquran Siswa Tpa Desa Pugaan Kecamatan Pugaan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.61
Saputra, D., Kustati, M., UIN Imam Bonjol Padang, P., & Bara, S. (2023). Pendampingan Program Tahfidz Mengunakan Metode Ummi Di Tk Telkom Kota Padang. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3, 140–146. https://doi.org/10.46306/jub.v3i2.136
Subur, Agustiar, I. (2021). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Batam. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.61456/tjie.v1i1.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shancy Syahrani Shancy, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.