PROGRAM PENYEDIAAN SARANA PRASARANA DASAR SEKOLAH MELALUI PENGADAAN AIR BERSIH DI PAUD BINA CENDEKIA SIDOREJO JABUNG KABUPATEN MALANG

Authors

  • Muhammad Akhlis Rizza Politeknik Negeri Malang
  • Lisa Agustriyana Politeknik Negeri Malang
  • Supa Kusuma Aji Politeknik Negeri Malang
  • Ratna Monasari Politeknik Negeri Malang
  • Zakiyah Amalia Politeknik Negeri Malang
  • Etik Puspitasari Politeknik Negeri Malang

Keywords:

Sumur Bor, Air Bersih, Media Pembelajaran

Abstract

Salah satu prasarana layanan PAUD yang utama adalah ketersediaan air bersih. Penyediaan fasilitas sanitasi sekolah merupakan salah satu prioritas pembangunan yang termasuk ke dalam tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs). Prasarana layanan PAUD yang utama dan berhubungan dengan ketersediaan air bersih adalah kamar mandi/ toilet, dapur dan area cuci. Mitra Program Pengabdian Masyarakat (PPm) ini adalah seluruh stakeholder dan komponen PAUD Bina Cendikia di Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Selama ini kebutuhan air bersih di suplai dari sekolah yang berada di sebelah PAUD sehingga ketersediaannya tergantung pada pihak lain. Untuk itu, tujuan dari PPm ini adalah menyediakan sarana prasarana air bersih di sekolah yang dapat tersedia cukup dan kontinyu. Selain untuk kebutuhan sanitasi, air minum dan penyiraman tanaman, air bisa menjadi media pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Metode pelaksanaan PPm meliputi tahapan koordinasi dan survey lokasi, penentuan spesifikasi teknis sumur bor dan kelengkapannya, pembuatan sumur bor, serah terima, sosialisasi dan praktek penggunaan air sebagai media pembelajaran. Selanjutnya juga dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan untuk mengetahui tingkat keberhasilan program. Hasil kegiatan berupa tersedianya air bersih untuk berbagai kebutuhan sekolah dan juga pengayaan pembelajaran menggunakan media air.

References

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas Mencuci TanganMenggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 12-18.

Direktorat Pembinaan Pendidikan anak Usia Dini. (2014). NSPK Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini.

Dwi Yuliani "Air sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini", https://www.kompasiana.com/dwi95185/60ea2cdb152510238a0fad62/air-sebagai-media-pembelajaran-di-paud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. (2021). Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.

Muhammad Efendi. (2013). Lingkungan sebagai media pembelajaran. Program Pascasarjana UM Malang.

Purwandari, R., & Ardiana, A. (2015). Hubungan antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan, 4(2), 32-39.

Untung, O. (1995). Menjernihkan air kotor. Jakarta: Puspa Swara.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Rizza, M. A., Agustriyana, L., Aji , S. K., Monasari, R., Amalia, Z., & Puspitasari, E. (2024). PROGRAM PENYEDIAAN SARANA PRASARANA DASAR SEKOLAH MELALUI PENGADAAN AIR BERSIH DI PAUD BINA CENDEKIA SIDOREJO JABUNG KABUPATEN MALANG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1663–1673. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/659