KOLABORASI GURU DAN MAHASISWA DALAM PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR

Authors

  • Yuna Yulianti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Siti Sarifah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Novia Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Zaini Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Zaini IAIN Palangka Raya
  • Risna Risna Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Riya Kusmita Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Sri Ulandari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Literasi Digital, Kolaborasi Guru dan Mahasiswa, Asistensi Mengajar, Pembelajaran Digital

Abstract

Program literasi digital semakin penting di era teknologi informasi saat ini. Melalui program Asistensi Mengajar, kolaborasi antara guru dan mahasiswa menciptakan peluang untuk memperkuat kompetensi digital di kalangan siswa. Artikel ini mendiskusikan pengalaman kolaborasi tersebut dalam rangka memperkenalkan literasi digital kepada siswa SMP melalui pendampingan intensif. Dengan menggunakan metode Pendekatan Aksi Reflektif (PAR), artikel ini menunjukkan bagaimana keterlibatan aktif mahasiswa sebagai mentor dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teknologi dan keterampilan literasi digital. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kerjasama antara guru dan mahasiswa menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif. Pada akhirnya, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi pengembangan kemampuan siswa dalam menghadap tantangan dunia digital.

References

Dan, P., Literasi, P., Pada, D., Santri, G., Dalam, M., Islam, B., Terintegrasi, M., Basis, D., Entrepreneurship, S., Pesantren, D., Jember, K., Wahidah, F., Agama, I., & Al-Qodiri Jember, I. (2024). 308 Finadatul Wahidah. 4(2), 308–324.

Desmiati, D., Risma Oviantari, R., Ramadhan, F. G., Lestari, A. D., & Kartiko, S. (2023). Pendampingan Literasi Digital Pada Remaja Untuk Mencapai Ruang Sehat Dalam Penggunaan Media. Commsphere: Jurnal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1(II), 37–47. https://doi.org/10.37631/commsphere.v1iii.1140

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dian Nastiti, & Indah Ayu Permana P. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Literasi Digital. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 144–153. https://doi.org/10.61132/pandawa.v1i3.117

Fatimah, I., & Hidayati, D. (2023). Program Literasi Digital sebagai Upaya Mengembangkan Budaya Literasi di SMP. Jurnal Basicedu, 7(6), 3535–3547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.5838

Firmansyah, D., Saepuloh, D., & Dede. (2022). Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Handoyo, E. R. (2023). Pendampingan Literasi Digital bagi Anak dan Remaja di Lingkungan Sekolah di Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 374–381.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

M. Syafiih, Nadiyah, Khairi, M., Moh. Furqan, & Beny Yusman. (2024). Pendampingan Literasi Digital untuk Mengurangi Risiko Kejahatan Siber Membentuk Masyarakat yang Lebih Aman. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(4), 1027–1036. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i4.456

Muthmainnah, R., Alfarisi, T. G., & ... (2023). Pendampingan Masyarakat Desa Sukalillah Melalui Seminar Literasi Digital Sebagai Upaya Membentuk Masyarakat yang Memahami dan Aman Mengelola Informasi …. … Nasional Literasi …, 52–56. https://jurnal.relawantik.or.id/conference/article/view/58%0Ahttps://jurnal.relawantik.or.id/conference/article/download/58/44

Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71

Pitrianti, S., Sampetoding, E. A. M., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023). Literasi Digital Pada Masyarakat Desa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.655

Pranata, O. D., Noperta, N., & Trisnawati, W. (2023). Pendampingan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota Sungai Penuh Melalui Kerjasama dan Kolaborasi Sekolah-Kampus. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 324–334. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i2.113

Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 411–427. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/400

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Yulianti, Y., Sarifah, S., Rahmawati, N., Zaini, M., Muhammad Zaini, Risna, R., Kusmita, R., & Ulandari, S. (2024). KOLABORASI GURU DAN MAHASISWA DALAM PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1674–1682. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/658