WORKSHOP PENGEMBANGAN KOMPETENSI LITERASI MEMBACA KREATIF UNTUK LITERASI MENULIS BERAGAM TEKS BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-SLEMAN BARAT
Keywords:
Community Service, Literacy Strategy, Teacher, Elementary SchoolAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi literasi menulis guru-guru SD Muhammadiyah di Sleman Barat melalui pengembangan literasi membaca kreatif, 2) mengeksplorasi strategi literasi yang dimiliki guru-guru SD Muhammadiyah di Sleman Barat, dan 3) memberikan pendampingan kepada guru-guru SD Muhammadiyah di Sleman Barat terkait strategi literasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM, baik dilakukan secara daring maupun luring, dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu workshop, praktik menulis, dan evaluasi. Peserta workshop adalah perwakilan guru dari 29 SD Muhammadiyah di Sleman Barat. Hasil kegiatan PkM workshop ini menunjukkan bahwa para guru mampu dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam literasi membaca kreatif yang diaplikasikan dalam berbagai genre teks. Secara umum, peserta memberikan penilaian baik dan sangat baik setelah mengikuti workshop, dengan indikator tertinggi pada kriteria interaksi antara tim panitia dengan peserta, yaitu sebesar 77,19%. Hambatan yang dihadapi saat kegiatan adalah alokasi waktu untuk presentasi hasil literasi dan evaluasi secara luring.
References
Baynhan, M. (2006). Literacy Practices: Investigation Literacy in Social Context. United Kingdom: Longman Group Limited.1 995-2.
Cavdar, Gamze & Doe, Sue. (2012). Learning Through Writing: Teaching Critical Thinking Skills in Writing Assignment. Colorado State University.
Cooper, David. (1997). Literacy Helping Children Construct Meaning. Boston, New York: Houghton Mifflin Company.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajagrafindo Persada.
Gooblar, David. (2014). “The Obvious Benefits of In-Class Writing Assignment”. https://chroniclevitae. com/news/588-the-obvious-benefits of-in-class-writing-assignments.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). “Peringkat dan Pencapaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.
Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Klein, J. D., Spector, J. M., Grabowski, B., & de la Teja, I. (2004). Instructor Competencies: Standars For Face- To- Face, Online And Blended Seting. Greenwich, CT: Information Age Publishing.
Knapp, P. & Watkins, M. (2005). A Genre-based model of Language. Sydney: University of New South wales Press Ltd.
Majelis Pendidikan dan Kebudayaan dna Pendidikan Non Formal Pimpinan Daerah Sleman. (2022). Sleman Yogyakarta.
Mandl, H., & Krause, U. M. (2003). Learning competence for the knowledge society. Toward the virtual university: International online perspectives, 65-86.
Pardiyono. (2007). Pasti bisa! Teaching genre-based writing. Yogyakarta: Andi Offset.
Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi Bagi Guru Pada Sekolah Dasar Nomor 0340/B/HK.01.03/2022.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Quitadamo, Ian J. & Kurtz, Martha J. (2007). “Learning to improve: Using Writing to Increase Critical Thinking Performance in General Education Biology”. CBE-Life Sciences Education. Vol. 6.
Raman, A., Ying, L. T., & Khalid, R. (2015). “The relationship between culture and organizational commitment among Chinese primary school teachers”. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2 S5), 93.
Resnick, Lauren B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C.: The National Academies Press.
Ruddell, R. Martha. (2005). Teching Content Reading and Writing. Four Edition. USA: Hermitage Publishing Sevices.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 St. Nurbaya, Mei Anjar Kumalasari Kumalasari, Ari Listiyorini, Ary Kristiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.