INOVASI LABEL DAN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI JUAL PEYEK HOMEMADE “BU SRI”

Authors

  • Triana Novitasari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Trio Setyawan Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Saiful Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

MSMSE; Peyek; Design; Label;

Abstract

Usaha peyek termasuk dalam kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peyek adalah sejenis camilan renyah yang terbuat dari campuran tepung beras dengan berbagai bahan tambahan seperti kacang dan teri yang digoreng. Dalam upaya meningkatkan daya tarik dan kompetitivitas produk, artikel ini menganalisis pengaruh desain label dan kemasan terhadap persepsi konsumen dan harga jual peyek. Dengan metode observasi dan wawancara kepada produsen serta analisis desain kemasan, penelitian ini menemukan bahwa inovasi dalam desain label dan kemasan secara signifikan meningkatkan daya tarik visual produk, memperkuat citra merek, dan pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan penjualan. Hasil penelitian ini menyarankan agar pelaku usaha kecil dan menengah memperhatikan elemen desain dalam kemasan produk mereka sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk memperluas pasar dan meningkatkan nilai jual.

Author Biographies

Trio Setyawan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Ekonomi Pembangunan

Saiful Nurhidayat, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keperawatan

References

Aulia, R., Hazmi, F., Muttaqin, M. A., & Umriyah, R. (2022). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Perajin Peyek Ebi di Desa Berahan Wetan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Khaira Ummah, 1(02), 117-122.

Fauzi, M. F. (2021). Pelabelan Kemasan Produk Rempeyek Di Cisaat Sukabumi Sebagai Sarana Promosi Dan Peningkatan Nilai Jual. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 3(3), 33-45.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2).

Khusna, S. W., Fisabilillah, F. A. N., Iskandar, M., Falakh, S. I., Andianto, A., & Nurfuadi, N. (2023). Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk UMKM Desa Lenggerong. Kampelmas, 2(1), 293-303.

Kotler & Amstrong, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Indeks.

Kusumawati, R., Akhbar, T., & Akmalia, A. (2021). Peningkatan daya saing usaha olahan pangan (peyek kacang dan emping melinjo). MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 199-207.

Maulana, H., Santoso, L. N. D. H., Aisyah, K. N., Tarunajaya, M. R., Putra, D. P., & Rinaldi, M. A. (2024). Strategi Rebranding Label Kemasan Produk untuk Meningkatkan Brand Awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Makan Mbok Sih di Desa Jatirejo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 2(3), 01-08.

Ningsih, S. C., & Putri, P. H. (2020). Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6-17.

Vandini, I. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Umkm Keripik Pisang Dan Peyek Di Desa Kutawargi. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2938-2941.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Novitasari, T., Setyawan, T., & Nurhidayat, S. (2024). INOVASI LABEL DAN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI JUAL PEYEK HOMEMADE “BU SRI”. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1511–1517. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/643