BENTUK PRODUK KREATIF MINIATUR SERTA UPAYA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM: STUDI EMPIRIS WAHYU MINIATUR

Authors

  • Kristina Diana Sari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Elfazananda Putri Andini Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ucuk Agiyanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

UMKM; Wahyu Miniatur;

Abstract

Studi ini meneliti dampak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap perekonomian Indonesia, dengan fokus pada Wahyu Miniatur, sebuah usaha kerajinan tangan yang unik yang didirikan pada tahun 2022. Mengingat sekitar 90% bisnis di Indonesia diklasifikasikan sebagai UMKM, yang secara kolektif berkontribusi sekitar 60% terhadap perekonomian nasional, memahami dinamika mereka sangat penting untuk pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus kualitatif, melibatkan pemilik Wahyu Miniatur dan menganalisis proses produksi dan strategi pemasaran yang digunakan dalam konteks Desa Kalimalang. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Wahyu Miniatur menonjol karena komitmennya terhadap kualitas pengerjaan, praktik berkelanjutan melalui penggunaan bahan daur ulang, dan strategi branding dan pemasaran yang efektif, terutama melalui media sosial dan platform e-commerce. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM seperti Wahyu Miniatur memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan pelestarian budaya. Dengan mengintegrasikan keterampilan tradisional dengan praktik-praktik inovatif, bisnis-bisnis ini dapat berkembang di pasar yang kompetitif dan berkontribusi pada ekonomi yang lebih luas. Kasus ini dapat menjadi contoh bagi pengusaha lokal lainnya yang ingin meningkatkan kreativitas dan keberlanjutan dalam usaha bisnis mereka.

Author Biographies

Elfazananda Putri Andini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Manajemen

Ucuk Agiyanto, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Ilmu Hukum

References

Fadhillah, M. H., & Fahreza, M. (2023). Pendekatan Ekonomi Sirkular sebagai Model Pengembangan Bisnis melalui Pemanfaatan Aplikasi pada Usaha Kecil dan Menengah Pasca Covid-19. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 55–66. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2269

Febriansyah, F., & Rahmawati, Y. (2024). Strategi Peningkatan Pendapatan Pengrajin Pada Usaha Kerajinan Mendong Dan Rotan Di Desa Mujing Perspektif Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hanifah, F., Sani, D. A., & Suryadi, H. S. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Journal Of International Multidisciplinary Research Analisis, 2(1), 38–43. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/. %0A123456789/31847/150907056.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Nardo, R., Yuliana, L., Ratnasari, K., Nugraha, J., Laminingrat, A., Kusuma, H. W., Fauziridwan, M., Sudirman, A., Winata, A., Imron, A., Nursalim, A., Syahputri, A., Oktavianti, P. R. M., Zulbahri, L., Yuhendra, A., & Wardhana, A. (2017). Branding Strategy Di Era Digital. Eureka Media Aksara. https://www-1tandfonline-1com-1mijdrsul0a52.hps.bj.uj.edu.pl/doi/abs/10.1080/09688080.2018.1467361%0Ahttps://about.jstor.org/terms%0Ahttps://www.jstor.org/stable/3174448?seq=1

Nurmalasari, C. (2024). Analisis Pemanfaatan Video Marketing Sebagai Trend Strategi Pemasaran di Era Digital. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 4, 7–11.

Rahmadani, A. N., Aziz, A. Z., Indriani, D., Fairuz, J., Sabina, Z., & Nasution, D. P. (2024). Analisis E-Commerce Sebagai Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.806

Rhainaratri, L. D. (2023). Proses Kreatif Seniman Rupa Octo Cornelius Dalam Periode Karya 2017 - 2022. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., Wardhana, A., Nugraha, K. S. W., Hendriyani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah, M. (2020). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January). CV. Media Sains Indonesia.

Suhendar, H., Hermawan, H., & Setyowati. (2023). Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dikeluarkan.

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Diana Sari, K., Andini, E. P., & Agiyanto, U. (2024). BENTUK PRODUK KREATIF MINIATUR SERTA UPAYA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM: STUDI EMPIRIS WAHYU MINIATUR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1501–1510. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/642