PELATIHAN PILDACIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN RETORIKA DAKWAH ANAK-ANAK DI DESA KADUHUNI MANDALAWANGI, PANDEGLANG

Authors

  • Lisa Ningtiasari UIN Sultan Maulama Hasanuddin Banten
  • Nurul Hismawati UIN Sultan Maulama Hasanuddin Banten
  • Emil Muhammad Hubal khoir UIN Sultan Maulama Hasanuddin Banten
  • Naf’an Tarihoran UIN Sultan Maulama Hasanuddin Banten

Keywords:

Pelatihan, Pildacil, kemampuan komunikasi anak-anak

Abstract

Salah satu aspek dari perkembangan bahasa adalah perkembangan kemampuan komunikasi. Kapasitas untuk menyampaikan ide atau pendapat secara lisan dengan cara yang dapat dipahami orang lain dikenal sebagai kemampuan komunikasi. Stimulasi dini kemampuan komunikasi sangat penting, karena anak kecil dapat secara aktif berpartisipasi dalam percakapan. Adapun pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak dengan berkomunikasi yang baik dimulai dari sejak dini berarti meletakkan pondasi dan kepribadian, sebab pada masa kecil merupakan masa pembentukan dasar kepribadian seseorang. Perkembangan anak juga disebabkan oleh faktor dalam diri anak dan faktor lingkungan di mana anak itu berada, anak akan berkembang selama hidupnya di mana perkembangan tersebut meliputi aspek lingkungannya, mengenai pemahaman dan sosial. Kegiatan pelatihan pildacil untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak di Desa Kaduhuni Mandalawangi, Pandeglang dilakukan untuk membuat adanya sebuah kegiatan yang diharapkan. Dengan adanya kegiatan pelatihan pildacil tersebut memberikan dampak positif seperti meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, pengembangan keterampilan Bahasa, menumbuhkan kepercayaan diri, membantu dalam pembentukan karakter anak, mengasah kemampuan berpikir kreatif mereka, membangun kedisiplinan serta rasa tanggung jawab, dan kepedulian sosial.

References

As, S. (2014). Retorika Dakwah: Petunjuk Menuju Peningkatan Kemampuan Berpidato. Hermawan, A. (2020). Retorika dakwah.

Inaya Rakhmani, (2021). Pengarusutamaan Islam di Indonesia: PT Mizan Puustaka. Bandung, Palgrave Macmillan.

Tini Hyatur Rohmah. (2023, 01 Februari). Pembinaan Pildacil Dalam Rangka Menanamkan Akhlak Anak Sejak Dini. Diakses pada 30 Agustus 2024,

Irdawati, Sri Permata. (2022). Pelatihan dan Pembinaan Da’i Cilik TK/TPA Masjid Jami Ushuluddin Di Desa Bacu Kecamatan Tonra. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 1 Juli 2022. 35 - 38.

Jurnal kajian dakwah dan kemasyarakatan 2019. E. journal UIN Jakarta, Voll 23, No 2.

Arrizal, S.(2019).Penerapan ekstrakurikuler Dai Cilik Dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Peserta Didik Sdn Kauman 2 malam (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Subhin, M.A.(2017). Membentuk Akhlakul Kharimah Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal pendidikan islam, Vol.5,No.,h.47-73.

Agung Teguh Prianto. (2024, 13 Januari). Dakwah Melalui Syi’ir: Alternatif Metode Dakwah Pada Masyarakat Urban. Diakses pada 30 Agustus 2024,

Nuratika B. Lukman Lukman bin Juma., dkk. (2022). Pembinaan dan Pelatihan Da’I Cilik Santri TK/TPA Al-Jihad. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 30-33. Sinjay.

Pusat pembinaan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1986, Cet. Ket-IX.

Ardhi, Y. P. (2010). Wayang kulit sebagai media dakwah: studi pada wayang kulit dalang ki sudardi di desa pringapus semarang.

Rufaedah, E.A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1 (1), 8-25.

Hamiruddin, H. (2021). EKSISTENSI MEDIA KOMUNIKASI: STUDI TENTANG SUMBANGSIHNYA TERHADAP PELAKSANAAN DAKWAH ISLAMIYAH. AL-IRSYAD AL-NAFS: JURNAL BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM, 8(2), 144-150.

Zaenuri, L. A. (2014). Eksistensi Da’i Dalam Tilikan Al¬ quran. Tasâmuh, 11(2), 293-314.

Surya, H. (2007). Percaya diri itu penting. Elex Media Komputindo.

May, A. (2022). Retorika Dakwah. Guepedia.

Abda, S. M. (1994). Prinsip-Prinsip Metodologi Dakwah. Surabaya: al-Ikhlas.

Pendidikan, D. (1990). Kebudayaan, kamus besar bahasa Indonesia.

Muchtarom, Z., & Dakwah, D. D. M. (1996). Yogyakarta: Al.

Umar Hasan, Mencari Ulama Pewaris Nabi, Bekasi: Dakta FFM, 1979, H. 135.

Fajriani, A. Manajemen program pembinaan Da'i cilik pada karantina Pildacil V Lativi Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ningtiasari, L., Hismawati, N., khoir, E. M. H., & Tarihoran, N. (2024). PELATIHAN PILDACIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN RETORIKA DAKWAH ANAK-ANAK DI DESA KADUHUNI MANDALAWANGI, PANDEGLANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1581–1587. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/630