MENGGUNAKAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA (STUDI SDN GIRIPAWANA 2, MANDALAWANGI, PANDEGLANG)

Authors

  • Sine Agustin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Angga Herdiyansyah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Naf’an Tarihoran UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Big Book, Kemampuan literasi, Media

Abstract

Artikel ini membahas penggunaan media Buku Cerita Big Book sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN Giripawana 2, Mandalawangi, Pandeglang. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca dan kemampuan membaca serta menulis siswa di tingkat sekolah dasar. Media Big Book, yang memiliki ukuran besar dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik, diharapkan dapat menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman mereka terhadap teks bacaan. Pengabdian dilakukan pada 15 Agustus 2024, dengan melibatkan 17 siswa kelas VI. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book berdampak positif terhadap keterampilan literasi siswa. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan merespons dengan baik terhadap pembelajaran yang menggunakan media ini. Kesimpulan dari pengabdian ini menegaskan bahwa media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi, terutama dalam membaca dan menulis. Oleh karena itu, penerapan media ini sangat dianjurkan sebagai salah satu strategi untuk mengatasi rendahnya minat baca dan keterampilan literasi di sekolah dasar.

References

Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3 (3), 963-969.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013, June). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. In Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization (pp. 362-371).

Andika Aldi Setiawan & Anang Sudigdo, (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan, Prosiding Seminar Nasional PGSD.

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap perkembangan prestasi belajar anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.

Dewi Utami Faizah. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Jusmawati, J. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar (pp. 164–172).

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2 (1), 60-78.

Ni Kadek Intan O. I. dkk. (2021). Pemupukan Budaya Literasi, Toleransi, dan Budi Pekerti (Untuk Membangun Sakura yang Berpretasi). Bandung: Nilacakra.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Priyatni, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahman, A., Munandar, S, A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, (2) 1.

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret

Supiana Doni, Jusmawati, A. Afgan Nugraha, & Dr. Cayati, (2023). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar, Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar (9) 1.

Solchan Ghazali, M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, & Grisa Anecy, (2022). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo, Jurnal Mu’allim (4) 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bagndung: PT. Alfabeta.

Usaid. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pengembangan Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID.

Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yasin, F. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 146–147. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.28

Zainudin, A., Febriyanti, BD, & Zubaidah, S. (2023). Penerapan Media Big Book untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2), 125-132.

Zainuddin, M., Saifudin, A., Lestariningsih, L., & Nahdiyah, U. (2022). Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 770-777.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Agustin, S., Herdiyansyah, A., & Tarihoran, N. (2024). MENGGUNAKAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA (STUDI SDN GIRIPAWANA 2, MANDALAWANGI, PANDEGLANG). Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1573–1580. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/626