IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA DALAM MUATAN IPS SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PEKALONGAN

Authors

  • Indah Wardatussa’idah umum
  • Taofik Taofik Universitas Negeri Jakarta
  • Sarkadi Sarkadi Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kearifan Lokal, Pembelajaran IPS, Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Karakter pembentukan siswa penting dalam menjawab tantangan untuk masa depan mereka. Siswa akan menghadapi tantangan tidak hanya dalam skala lokal atau nasional, tetapi juga dalam skala regional dan internasional. Pekalongan adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan nilai-nilai  multikultural. Sebagai daerah pesisir dengan sejarah perdagangan yang kaya di zaman kuno, orang-orang Pekalongan tidak hanya berasal dari suku Jawa tetapi juga dari suku Cina, India, dan Arab. Suku-suku itu telah memberi banyak pengaruh dalam membentuk budaya Pekalongan. Berdasarkan pentingnya nilai-nilai kearifan lokal dalam memperkuat karakter dan identitas bangsa bagi siswa, masalah pengabdian ini dapat dirumuskan sebagai cara mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal budaya jawa dalam muatan IPS terutama untuk siswa sekolah dasar. Pengabdian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal Pekalongan dan mengintegrasikannya dalam muatan IPS untuk memperkuat karakter dan identitas siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

References

Aw, S. (2018). Evaluasi Program Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Yang Relevan Dengan Etika Komunikasi Di Sekolah. Widya Komunika, 8(2), 42- 57.

Budiyono dan Feriyandi. (2017). Menggali Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), Vo. 1 No.1 , 92-103.

Fajardin, Muhammad Atik. (2019). Konflik Sosial Muncul Karena Kearifan Lokal Terkikis. https://nasional.sindonews.com

Koentjaraningrat. (1990). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Liliweri, Alo. (2014). Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Nusa Media

Marzuki dan Feriandi, (2016). Pengaruh Peran Guru PPKN Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tindakan Moral Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 46, Nomor 2, November 2016, Halaman 193-206

Mujahidin, Akhmad. (2016). Peranan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pengembangan Ekonomi dan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Syariah, Vol. 15 (2): 153-168. https://doi.org/10.31958/juris. v15i2.496

Nasruddin. (2010). Kearifan Lokal dalam Pappaseng Bugis. Sawerigading, Vol. 16 (2):

-274.

Nurudin, (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Salminawati. (2018). Mengintegrasikan Nilai-nilai Lokal dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional

Sanjaya. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudrajat, A. (2021). Implementasi Buku AjarModel Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal dalam Muatan IPS Pada Sekolah Dasar di Provinsi Banten. Laporan Penelitian, Universitas Terbuka.

Suryani, Elis. (2010). Ragam Pesona Budaya Sunda. Bandung: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Wardatussa’idah, I., Taofik, T., & Sarkadi, S. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA DALAM MUATAN IPS SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PEKALONGAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1562–1572. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/625