PENGUATAN KESADARAN BERAGAMA ANAK –ANAK MELALUI KEGIATAN KKN BERBASIS MASJID
Keywords:
Kesadaran Beragama, Mesjid, Anak-AnakAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah mata kuliah dalam pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari di perguruan tinggi secara langsung dalam masyarakat. Program KKN ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat. KKN berbasis masjid merupakan salah satu jenis program KKN yang memfokuskan kegiatan- kegiatannya di masjid. Masjid dipilih sebagai pusat kegiatan karena memiliki peranan penting dalam pembinaan agama dan sosial masyarakat. Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran beragama sejak usia dini dengan harapan anak –anak dapat mengintegrasikan nilai- nilai keagamaan dalam kehidupan sehari –hari. Melakui kegiatan tersebut mahasiswa KKN kelompok 16 melaksanakan berbagai program seperti belajar mengaji menjalankan solat berja’maah, menghapal ayat pendek dan menggunakan metode belajar sambil bermain agar anak- anak tidak merasa bosan. Selain itu mahasiswa juga mengadakan lomba dalam rangka menyambut 1 Muharam. Acara ini bukan hanya bertujuan untuk memperingati tahun baru islam, tetapi juga untuk membangkitkan semangat anak- anak dalam beribadah dan beragama. Hasil dari kegiatan tersebut terlihat dalam peningkatan kebiasaan anak- anak, seperti lebih sering mengaji, lebih tertip beribadah, dan memahami pentingnya ibadah, dalam kehidupan sehari- hari.
References
Azahra, S. O., Nurhalimah, H., Syaddad, M., & Ihsan, A. (n.d.). Menyemarakkan 1 Muharram : Kontribusi Mahasiswa KKN Sebagai Panitia Hari Besar Islam { PHBI } di Desa Cicangkang Girang.
Evi Nurdiana. (2020). Kegiatan Wajib Mengaji Al-Qur’an Di Sekolah-Sekolah Negeri Kecamatan Cikampek. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Fauzi, H., Hendayana, Y., Rahmah, N., Febrianti, B., Rizkha, A., Noviyanti, D., Permatasari, E., Sayeti, A. B., Ramdan, M., Dannisya, M., & Cahyani, A. D. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155–166.
Lailaturrahmawati, L., Januar, J., & Yusbar, Y. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.110
Lidwina, A. (2021). Seminar Nasional Halal 2021 | Universitas Pembangunan Panca Budi. Databoks, 175–180.
Maghribi, A. M., Anisa, A., Marsela, A., Syamila, S., & Sari, L. K. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Kegiatan KKN Mengajar Mengaji. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 51–62. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i1.1160
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Permatasari, F. I. (2021). Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran beragama siswa di Smp N 2 Desa Utama karya kecamatan kampar kiri tengah kabupaten kampar.
Rahmatika, V. (2021). implementasi Nilai-nilai moderasi beragama dalam TPQ melalui kegiatan mengaji Al-Qur’an di TQ Nurul Khikmah. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 159–167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elvira Purnamasari, Erti Agustina, Suci Nanda Ramadhan, Rian Fajar Saputra, Dello Pransiska, Ayu Lestari, Cici Natalia, Riyani Khoerunisya, Ewi Egus Maresta, Tara Zevani, Nadia Ajeng Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.