IMPLEMENTASI PROGRAM BTQ BERBASIS METODE UMMI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI DESA TALANG SEBARIS
Keywords:
BTQ, Karakter Relegius, AnakAbstract
Kemampuan anak dalam membaca dan menulis Al-Qur'an yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid yang benar berdampak pada menurunnya nilai karakter religius mereka karena kebiasaan membaca dan menulis Al-Qur'an secara sembarangan. Menanamkan karakter religius pada anak merupakan bagian penting dari pendidikan, terutama bagi anggota masyarakat yang memiliki nilai-nilai keagamaan yang tinggi. Mahasiswa melakukan hal-hal dengan membuat Program Kerja Membaca dan Menulis Al-Qur'an (BTQ) sebagai sarana dalam mengembangkan karakter religius anak secara maksimal. Tujuan mahasiswa melakukan pengabdian adalah untuk melatih dan membiasakan anak-anak membaca Al-Qur’an dan menulisnya sesuai kaidah yang benar, sehingga dapat membentuk karakter religius yang baik pada diri setiap anak. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan pembelajaran tatap muka menggunakan metode ummi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah program BTQ memeberikan dampak posistif pada karakter religius anak. Hal ini dibuktikan dengan kebiasaan anak-anak membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar.
References
Ach Syaikhu. (2022). implementasi metode ummi dalam pembelajaran al-qur’an di MI as- sunniyyah lumajang. Jurnal Auladuna, vol.4(1), 94.
Alfansyur, A., & Mariyani Mariyani. (2020). seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2).
Aniyah. (2019). implementasi program baca tulis al-qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur’an santri kelas isttdad pondok pesantren riyadlatul ulum desa bumiharjo kecamatan batanghari kabupaten lampung timur tahun pelajaran 2018/2019.
Basri, H., Suhartini, A., & Sti Nurhikmah. (2023). pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MA miftahul ulum kabupaten purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1525–1526.
Eka Lutfiana. (2017). pengaruh strategi directed reading thinking activity terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama di sdn mranggen 2. Dinamika Pendidikan, XXII(2), 118.
Fathurrosyid. (2015). studi al-qur’an.
Herlina. (2017). pembelajaran baca tulis al-qur’an (BTA) untuk meningkatkan akhlak dan moral pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional, 94.
Juliyanto. (2021). konsep pendidikan karakter religius dalam kitab wasya al-aba’ lil abna’ karya muhammad syakir al-iskandari dan relevansinya dengan perpres nomor 87 tahun 2017.
M. Quraish Shihab. (2002). tafsir al-mishbah.
Munzahri. (2021). pengembangan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SLTA kota banda aceh. Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 2.
Nobisa, J., & Usman. (2021). penggunaan metode ummi dalam pembelajaran al-qur’an. Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 150.
Nur Ahyat. (2017). metode pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.
Rosadi, M. M., & dll. (2023). pelatihan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada anak-anak KP. Golat desa pangkalan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, vol.1(2), 33.
Sarwono, & Wirawan, S. (2003). psikologi remaja.
Sudrajat, D., & Muhammad Iqbal Moha. (2019). resume ragam penelitian kualitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adrian Topano, Ika Rosaria, Mia Pulmasari, Septi Melia, Alyza Cayla Najwa Juniarti, Aas Fransiska, Dita Hermiki Rahmadona, Muhammad Dwiky Ananda, Muzaro’ah, Devin Ferdiansyah, E. Ela Harum Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.