SOSIALISASI DAN PELATIHAN PELAPORAN SAK EMKM PADA PELAJAR SMK BAKTI PANGKALPINANG

Authors

  • Yunita Maharani STIE IBEK
  • Novika STIE IBEK
  • Deara Shinta Lestari STIE IBEK

Keywords:

Akuntansi, UMKM, SAK EMKM

Abstract

Dalam rangka Proyek P5 pada  kurikulum Merdeka praktik wirausaha selaras dengan tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari hasil penyuluhan dan sosialisasi terkait pemahaman kepada siswa-siswi sebagai generasi muda bangsa dalam penyusunan laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM (standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah makro) bagi pelaku usaha UMKM. Hal ini dirasa, karena ilmu akuntansi sering mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga sangat penting bagi guru maupun peserta didik mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu akuntansi terkini. Siswa-siswi SMK Bakti jurusan Akuntansi merupakan calon mahasiswa S1 akuntansi dan juga sebagai pelaku usaha sudah selayaknya diberikan penyuluhan serta pemahaman mengenai standar baku SAK EMKM agar menambah wawasan yang lebih luas pada saat membuka usaha dan siap menghadapi studi lanjut. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan pre test dan post test melalui google form, didapat hasil evaluasi akhir terjadi peningkatan secara signifikan antara pre test dan post test sebesar 80% mendapat nilai di atas 70 dengan responden 35 siswa-siswi kelas X. Serta dilanjutkan dengan presentasi tanya jawab diskusi di dalam kelas.

References

Dewi, E. A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung. Lampung.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Irawan, A., Setiawan, S., dan Utami, F. (2017). Analisis Deskriptif atas Kertas Kerja Penyusunan Laporan Keuangan Fiskal oleh Kantor Akuntan Publik “X”. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi, 9(2), 199-216.

Kusuma, I.C. & Lutfiany, V. (2018). Persepsi UMKM dalam Memahami SAK EMKM. Jurnal AKUNIDA, Vol. 4 No. 2 h.2

Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116436

Purwaningsih, S. D. (2018). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Di Desa Wisata Manding. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widiya Wiwaha. Yogyakarta.

Trisomantagani, I. K., Yasa, I. N., & Yuniarta, G. A. (2017). Persepsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Kesiapan Dalam Menerapkan SAK EMKM. e-Journal S1 Ak, 8(2).

Wijaya, D. (2018). Akuntansi UMKM (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Yunita Maharani, Novika, & Deara Shinta Lestari. (2024). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PELAPORAN SAK EMKM PADA PELAJAR SMK BAKTI PANGKALPINANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1400–1409. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/606