PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DAN LANSIA MELALUI LITERASI AGAMA
Keywords:
Lansia, Anak-anak, Belajar Al Quran, Literasi AgamaAbstract
Kegiatan ini terkait dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kegiatan pengabdian untuk peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia dan anak-anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan bacaan Al-Qur'an pada lansia dan anak-anak dengan literasi agama, untuk memberikan kesadaran akan pentingnya membaca Al-Qur'an bagi masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi 4 tahapan yaitu kegiatan eksplorasi, kegiatan create and action, kegiatan evaluasi dan pelaporan serta diseminasi. Hasil pengabdian setelah kegiatan literasi agama, kemampuan membaca Al Quran, pada lansia dan anak terjadi peningkatan yang optimal.
References
Abudin Nata, “Al-Qur’an dan Hadist (Dirasah Islamiyah 1)” (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996), h. 125
Ahmad Syarifuddin, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani, 2004), h.59.
Amirah, Pendidikan Anaka Era Digital, (Yogyakarta : Laksbang Pressindo, 2010), 3
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Kencana Prenanda Median Group, 2005), h. 132.
Dadang Kahmad, Sosiologi Agama (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002), 30
Farid Esack, Samudera Al-Qur’an, (Jogjakarta: Diva Press, 2007), hal. 40
Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2002), hal. 4.
Linda Apriani, Menurunnya Minat Membaca Al Qur’an dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon.(SKRIPSI, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon 2015), 3-4
Munjahid. 2007. Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam. Yogyakarta: IDEA Press: 26
Maimunatun Habibah and Siti Wahyuni, “Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA KM Al Hikmah Kediri,” JCE (Journal of Childhood Education) 4, no. 1 (2020): 120,
Muhammad Chirzin, Kearifan Al-Qur’an, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, tth.), hal. 7
Mtthw B. Miles, Analisis Ala Kualitatif, (Jakarta: UI-Press, 2000), hal. 115
M. Hasby Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, (Jakarta: Bulan Bintang, 1987), h. 1.
Masitoh,Laksimi Dewi, Strategi Pembelajaran,(Jakarta: Departemen Agama RI Cet-10, 2009), h.107
Purwasih, E. & Usman, H. (2019). Pengaruh Literasi Keagamaan terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 12
Rusman, Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama, 2017), 46.
Suriyani, L. & Desi, T. (2023). Pendekatan Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini. Jurnal Al-Bayan: Pendidikan dan Pengajaran, 11(4), 55
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003), h. 157.
Tu Ramadhan, “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”,DAYAH: Journal of Islamic Education Vol 2 No. 2 (2019), 230
Yahya, M., Ahmad, N., & Hassan, S. (2020). Khatam al-Qur’an: Tradisi dan Signifikansinya dalam Masyarakat Islam. Journal of Islamic Cultural Studies, 8(3), 99
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asti Haryati, Gandi Agung Pranata, Pebri Rahmayanti, Indi Mardalena, Lila Septiana, Junaidi Muhamat Ibrahim, Mettri, Melani Viona Melsy, Afriani Nurjana, Yisa Agusmi, Hafis Abdillah Karim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.