PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA BAGI GURU DAN SISWA DI MA DARUL FATH BONTOLANGKASA
Keywords:
Media pembelajaran, , Aplikasi Canva, , Skill Desain,Abstract
Media pembelajaran adalah komponen yang memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan tim pengabdi, guru dan siswa MA Darul Fath Bontolangkasa belum terbiasa dengan penggunaan aplikasi berbasis desain seperti Canva. Kebutuhan akan skill desain saat ini sangat penting sebab skill ini bisa mereka aplikasikan dimanapun dan untuk kebutuhan apapun. Kemudahan untuk memperbaharui atau pun mengedit desain melalui aplikasi hanya dengan menggunakan smartphone dimana saja tentunya merupakan hal yang sangat menjanjikan dan memberi kemudahan agar menjadi lebih efektif. PkM ini dilaksanakan dalam 4 tahap mulai dari tahap penyusunan materi, penyuluhan, pelatihan dan demonstrasi. Mitra baik guru dan siswa memperoleh pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi Canva serta menunjukkan partisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini.
References
Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA pada Ponsel Pintar. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 2(2), 86-91.
Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98-106.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295.
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang sma/ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K & Sari, V. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3) https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952
Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Hlm. 214 – 224.
Tiawan., Musawarman., Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asriati, Lely Novia, Nur Aeni, Muhammad Asriadi, Muftihaturrahmah Burhamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















