PENERAPAN KREATIVITAS SISWA MELALUI KEGIATAN KOLASE BIJI BIJIAN DI SDN BEJIJONG 1 TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO
Keywords:
Pendidikan, Kolase, Biji-bijian, MozaikAbstract
Pendidikan sekolah dasar bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara alami berkembang di lingkungannya dengan syarat wajib belajar selama 6 tahun. Untuk merangsang potensi siswa dilakukan cara kolase dengan teknik menempel berbagai material pada suatu permukaan untuk menciptakan karya seni. Anggota KKN di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto menargetkan SDN Bejijong 1 Trowulan untuk melakukan kegiatan kolase biji-bijian. Kegiatan ini termasuk kegiatan latihan motorik halus dengan cara menempelkan dan menyusun sesuatu dalam gambar atau konsep yang sudah ada yang dibantu oleh kakak pendamping. Kakak pendamping memperkenalkan cara menempel dan menyusun dengan menggunakan jenis biji-bijian kacang hijau, jagung, kedelai, dan kacang merah. Alat dan bahan yang digunakan adalah format gambar, lem, dan biji-bijian yang sesuai. Kakak pendamping akan memberikan penghargaan kepada kelompok - kelompok terpilih untuk menghargai usaha dan kreativitas mereka. Acara ditutup dengan merangkum pelajaran yang diperoleh selama proses pembuatan kolase, dengan menekankan pentingnya kreativitas, kesabaran, dan ketekunan. Dapat disimpulkan bahwa, membuat mozaik dari biji-bijian adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan seni dan keterampilan motorik halus.
References
Hanifah, Z. S., & Prihamdani, D. (2023). PENERAPAN KEGIATAN KOLASE BIJI-BIJIAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELAS 5 SD NEGERI RENGASDENGKLOK SELATAN V. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 2079–2084.
Hermawati, E. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Siswa. Jurnal Educatio, 8(4), 1683–1689. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3201
Mulyati, C., Samsudin, A., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk mengetahui gambaran kreativitas seni budaya siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 6(4), 766–773.
Nisfi Anggraeni, S., Hendri Mulyana, E., & Giyartini, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOLASE UNTUK MEMFASILITASI PEMBELAJARAN SENI RUPA ANAK USIA DINI. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 10–21.
Rahma Putri, A., Rahman, B. A., Insani, M. Y. S., & Mayar, F. (2021). Analisis Kreativitas Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Seni Melalui Kegiatan Kolase pada Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 5(1), 102–112. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Raindriati, R. (2022). Buku Panduan Guru Seni Rupa: Vol. X (A. B. Astuti, Ed.). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendra Maulana, Achmad Dhany Adam Mu'arif, Afitra Azzahra, Cahya Rafiyoga Harnan, Miftakhul Jannah, Muhammad Bagas Ikmal Rifki, Nurul Wasiela, Rindyi Putri Lestari, Syarifuddin Aryasatya Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.