PELATIHAN TIE DYE: AKTIVITAS MENYENANGKAN DAN EDUKATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SDN 01 BENDOSARI

Authors

  • Roas Irsyada Universitas Negeri Semarang
  • Fanisha Heavi Indria Universitas Negeri Semarang
  • Radita Hasanah Universitas Negeri Semarang
  • Mukhlasin Desa Bendosari

Keywords:

Tie Dye, Seni Kriya, Kreativitas, Sekolah Dasar, Peserta Didik

Abstract

Pelatihan tie dye sebagai aktivitas kreatif dan edukatif bagi peserta didik merupakan hal yang penting dilakukan di Desa Bendosari melihat kegiatan tersebut belum pernah dilakukan di sekolah dasar yang ada di Bednosari termasuk pada kelas tinggi di SDN 01 Bendosari. Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana kegiatan tie dye dapat meningkatkan keterampilan artistik, kolaborasi, dan kognitif peserta didik. Dengan metode yang melibatkan pembuatan desain dan pewarnaan kain, pelatihan ini memberikan pengalaman praktis yang mendukung pembelajaran sambil menyenangkan. Artikel ini menyoroti manfaat kegiatan ini dalam memperkuat keterampilan motorik halus, pemecahan masalah, dan kerja sama di antara peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa pelatihan tie dye tidak hanya memperkaya pengalaman belajar peserta didik tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih interaktif dan menarik di kelas.

References

Cemosa, C. (2020). Pengaruh Kreativitas , Proaktif dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Makanan Dan Minuman. II(4), 889–896.

Diba, F., & Wahyuningsih, U. (2021). Studi Literatur : Pelatihan Ikat Celup Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Penggunaan Pewarna Alam. E-Journal Unesa, 10(1), 127–136.

Gde, L., Andari, P., & Widiasavitri, N. (n.d.). Peran dukungan sosial orangtua dan kemandirian terhadap kecerdasan adversitas siswa full day school SMA Negeri 2 Semarapura. 000, 78–87.

Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 628. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6601/5032

Lestari, N., Wulansari, F., & Khasanah, M. (2021). Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang. 3(1), 33–44. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14666

Ndeot, F. (2018). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Usia. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 1–9.

Prihatin, P., Sumadi, S., Asmidar, A., Prastawa, W., Hendratno, H., & Heruningrum, H. (2023). Pelatihan Seni Batik Ikat (Tie Dye) Dalam Peningkatan Siswa Kreatif Di SMA Negeri 3 Kota Padangpanjang. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 41–52. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1024

Rahmawati, N. R., Yusal, Y., Anggraini, A., & Elementary, S. P. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN TIE DYE ATAU BATIK CELUP PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERDUREN KECAMATAN. 89–96. https://doi.org/10.15642/acce.v4i

Drastis, Vivid R., Dwi S. Agusti, TK Nurul Amien Demuk Tulugan, Jawa Timur, TK Aisyiyah Bustanul Athfal, TK Islam Al Faqih Sidoarjo, and TK Melati Surabaya. n.d. “Improving Children’s Fine Motor Skills through Meronce Activities in Kindergarten.” doi: 10.26858/tematik.v812.27569.

Ferawati, Ferawati, Desi Trisnawati, Riswel Zam, and Hendra Hendra. 2023. “Edukasi Melalui Workshop Pembuatan Kain Ikat Celup Bagi Peserta didik MAN 3 Padangpanjang.” Jurnal Abdidas 4(3):238–49. doi: 10.31004/abdidas.v4i3.798.

Heryanti, Rika, and M. Sigit Ramadhan. 2019. “Penggabungan Teknik Block Printing Dan Tie Dye Dengan.” E-Proceeding of Art & Design 6(3):4222–34.

Ma’rifatun Nashikhah, Lutfiyah Hidayati, Imami Arum T, Peppy Mayasari, and Mita Yuniati. 2021. “Pelatihan Keterampilan Pembuatan Hiasan Yoyos Pada Totebag Kanvas Bagi Ibu-Ibu PKK Di Desa Glodog Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2(3):492–502. doi: 10.37339/jurpikat.v2i3.743.

Robinson, S. K. 2022. “Healing Stories: Bibliotherapy and Art Therapy as Tools to Support Bereaved Children, A Literature Review.”

Robinson, Sarah K. n.d. Healing Stories: Bibliotherapy and Art Therapy as Tools to Support Bereaved Children, A Literature Review.

Sulemi, Sulemi, Vivid Dratis R., Dwi Agusti S., and Mujiatiningsih Mujiatiningsih. 2023. “Improving Children’s Fine Motor Skills through Meronce Activities in Kindergarten.” TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 8(2):111. doi: 10.26858/tematik.v8i2.27569.

Wardoyo, Sugeng, and Suryo Tri Widodo. 2016. “Inovasi Perancangan Motif Tie dye (Ikat Celup) Di Kota Yogyakarta.” Corak 5(1):81–92. doi: 10.24821/corak.v5i1.2378.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Roas Irsyada, Fanisha Heavi Indria, Radita Hasanah, & Mukhlasin. (2024). PELATIHAN TIE DYE: AKTIVITAS MENYENANGKAN DAN EDUKATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SDN 01 BENDOSARI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1287–1294. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/589