EFEKTIFITAS MEDIA KARTU DALAM PENGENALAN HURUF PADA SISWA SDN WONOSARI

Authors

  • Zuraidah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Cut Ayu Aryati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Adyuta Ega Pratama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Endang Satriani Alijudin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Pendampingan Pembelajaran, Membaca, Kartu Huruf

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada peningkatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan generasi penerus yang memiliki pemahaman dan keterampilan yang cerdas. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan diangkatnya program kerja KKN Desa Wonosari. Mahasiswa KKN berusaha memberikan bimbingan belajar kepada siswa SDN Wonosari, terkhusus mendampingi siswa yang kurang lancar dalam membaca. Pendampingan pembelajaran yang dilakukan menggunakan media pembelajaran seperti kartu huruf untuk membantu siswa yang belum mampu membaca menghafal abjad dan ejaan. Hal ini terbukti cukup relavan dan juga menumbuhkan hasil yang cukup signifikan terhadap metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Terdapat perkembangan yang cukup pesat yang terjadi pada siswa, yang awalnya dari tidak bisa membaca sama sekali hingga mulai bisa menghafal huruf abjad.

References

Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman, dkk. Metodologi Pengabdian Masyarakat. 1. Jakarta: Diktis Kemenag, Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag RI, 2022.

Azzah S, Iftinan R, dan Zuraidah Zuraidah. “Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).” Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (7 November 2021): 46–55. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.62.

Bungsu, Annisa Putri, dan Febrina Dafit. “Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 3 (6 November 2021): 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.

Hanifah, Elintia, dan Eli Rustinar. “Media Kartu Huruf dalam Pengenalan Huruf Abjad Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 01, Bengkulu.” AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 11 (2022). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma.

Humayro’, Ayuny Hadlirotul, dan Zahrotul Khoiriyah. “PENGENALAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MUFRODAT BERGAMBAR DI TPQ AL-FAQIH.” Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 8, no. 2 (2022).

Lestari, Novita Dian Dwi, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, dan Suharmono Kasiyun. “Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (10 Agustus 2021): 2611–16. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.

Merdiasi, Danella, Rusiana Rusiana, Thiyo Eko Julyanto, Melika Melika, Natalia Marleti, Nova Kurniati, Rebecka Gloria, dkk. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Wilayah UPT. Pulau Malan SP.1A Desa Buntut Bali, Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (abdira) 2, no. 4 (9 Oktober 2022): 46–53. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i4.207.

Munif, Achmad, Agus Edi W, Setiawan, dan Abdul Mujib. Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Kediri: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kediri, 2024.

Trinova, Zulvia, M Tamrin, dan Annisaul Khairat. “Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal : Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 10, no. 2 (2020).

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Zuraidah, Cut Ayu Aryati, Adyuta Ega Pratama, & Endang Satriani Alijudin. (2024). EFEKTIFITAS MEDIA KARTU DALAM PENGENALAN HURUF PADA SISWA SDN WONOSARI . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1279–1286. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/588