PENGGUNAAN MEDIA AJAR PAMAN PERGI DAN PAPAN SI PREMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDI NDONA 4

Authors

  • Virgilius Bate Lina Universitas Flores
  • Novatun Ela Mahmud Universitas Flores
  • Maria Margaretha Alaqok Tango Demu Universitas Flores

Keywords:

Media Pembelajaran, pemebelajaran IPA

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu guru dalam pembelajaran untuk mempermudah pendidik menyampaikan informasi kepada peserta didik ketika dalam proses kegiatan mengajar. Penggunaan media pembelajaran selain untuk mempermudah pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik tetapi penggunaan media pembelajaran membantu untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar  lebih inetraktif dan lebih aktif didalam  kelas sehingga adanya umpan balik terhadap pendidik dan peserta didik tersebut, Melalui obeservasi Mahasiswa  PGSD Universitas Flores menemukan bahwa penggunaan media ajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajaf peserta didik di SDI Ndona 4. Tujuan mahasiswa melakukan  melakukan pengabdia adalah mengajarkan materi Sistem pencernaan manusia dan macam-macam perubahan energy menggunakan media ajar  kepada peserta didik di SDI Ndona 4. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pembelajaran tatap muka di kels 3, dan 5 menggunakan teknik ceramah interaktif, tanya jawab, sing a song, games dan demonstrasi. Peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta didik memahami cara penggunaan media ajar  dan mengerti  dengan cepat materi yang di jelaskan. dibuktikan dengan peserta didik dapat menjawab pertanyaan dari mahasiswa tanpa merasa kesulitan.

References

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Kadfi, C. M., Zalzabil, K., Yunitasari, I., & Zulfahira, N. (2024). Peranan Guru Dalam Pengajaran, Pelatihan, dan Pembimbingan (Sebuah Kajin Pustaka). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).

Anwari, A. M., Kholik, N., S Pd I, M. S. I., Mainuddin, M. P. I., Umami, R., Putri, R., & Rahayu, R. (2021). Strategi Pembelajaran: orientasi standar proses pendidikan. EDU PUBLISHER.

Novianti, N., & Khaulah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 30-36.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Virgilius Bate Lina, Novatun Ela Mahmud, & Maria Margaretha Alaqok Tango Demu. (2024). PENGGUNAAN MEDIA AJAR PAMAN PERGI DAN PAPAN SI PREMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDI NDONA 4. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1201–1209. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/582