UPAYA PENINGKATAN MONTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TAMAN POSYANDU MAWAR DUSUN BRINGEN
Keywords:
Motorik halus, Anak Usia Dini, Kegiatan MewarnaiAbstract
Pengabdian ini berfokus pada pentingnya pengembangan motorik halus di usia dini sebagai fondasi untuk perkembangan kognitif, sosial, dan psikomotorik anak-anak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengeksplorasi upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain PAR (Participatory Action Research),. Partisipan dalam pengabdian ini terdiri dari 15 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama dua siklus kegiatan.Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik halus anak-anak setelah mengikuti kegiatan mewarnai secara terstruktur dan mendalam. Anak-anak memperlihatkan kemajuan dalam mengendalikan gerakan tangan, koordinasi mata-tangan, dan manipulasi alat gambar. Temuan pengabdian ini menegaskan pentingnya kegiatan mewarnai sebagai metode untuk mengembangkan motorik halus pada tahap awal pendidikan.
References
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani
di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103.
Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif
Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133.
Rif’ah, Z., & Nurlaily, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Kisah 25 Nabi Melalui Metode Sholawat di TPQ Al Faqih Desa Gadungan Kec Puncu Kab Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 251
Azzah S, I. R., & Zuraidah Z. (2021). Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), 44-55.
Khairiah, K. (2018). Strategy of Early Childhood Learning Model Development. Al-Fitrah, 1(2),
a
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui
Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD,
(3).
ulanatin, & Simatupang, N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui
Kegiatan Meremas Kertas Pada Anak Usia 3-4 Tahun. PAUD Teratai, 5(1), 1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zuraidah, Raka Raki Levano Savana, Siti Nur Syafaatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.