UPAYA PENINGKATAN MONTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TAMAN POSYANDU MAWAR DUSUN BRINGEN

Authors

  • Zuraidah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Raka Raki Levano Savana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Siti Nur Syafaatin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Motorik halus, Anak Usia Dini, Kegiatan Mewarnai

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada pentingnya pengembangan motorik halus di usia dini sebagai fondasi untuk perkembangan kognitif, sosial, dan psikomotorik anak-anak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengeksplorasi upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain PAR (Participatory Action Research),. Partisipan dalam pengabdian ini terdiri dari 15 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama dua siklus kegiatan.Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik halus anak-anak setelah mengikuti kegiatan mewarnai secara terstruktur dan mendalam. Anak-anak memperlihatkan kemajuan dalam mengendalikan gerakan tangan, koordinasi mata-tangan, dan manipulasi alat gambar. Temuan pengabdian ini menegaskan pentingnya kegiatan mewarnai sebagai metode untuk mengembangkan motorik halus pada tahap awal pendidikan.

References

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani

di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103.

Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif

Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133.

Rif’ah, Z., & Nurlaily, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Kisah 25 Nabi Melalui Metode Sholawat di TPQ Al Faqih Desa Gadungan Kec Puncu Kab Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 251

Azzah S, I. R., & Zuraidah Z. (2021). Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), 44-55.

Khairiah, K. (2018). Strategy of Early Childhood Learning Model Development. Al-Fitrah, 1(2),

a

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui

Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD,

(3).

ulanatin, & Simatupang, N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui

Kegiatan Meremas Kertas Pada Anak Usia 3-4 Tahun. PAUD Teratai, 5(1), 1–5.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Zuraidah, Raka Raki Levano Savana, & Siti Nur Syafaatin. (2024). UPAYA PENINGKATAN MONTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TAMAN POSYANDU MAWAR DUSUN BRINGEN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1329–1340. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/579