UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAJWID SISWA MELALUI METODE BERNYANYI DI TPQ JAMIYATUL MUSLIMIN DUSUN BRINGIN DESA WONOSARI
Keywords:
Tajwid, Nun Mati., Tanwin, Bernyanyi, Pendidikan IslamAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tajwid, khususnya nun sakinah dan tanwin, di TPQ Jamiyatul Muslimin. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya penerapan tajwid oleh siswa. Dengan menggunakan desain Participatory Action Research (PAR), siswa dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat kemampuan. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk menilai efektivitas metode lagu pada tujuh siswa di Jilid 4 Al-Qur'an. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor tes awal naik dari 48,57% menjadi 85,71%, menunjukkan peningkatan sebesar 37,14%. Ini menunjukkan bahwa metode lagu efektif dalam memperkuat pengetahuan siswa tentang aturan tajwid. Hal ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan lagu ke dalam pelajaran tajwid dapat meningkatkan retensi dan pemahaman konsep-konsep yang kompleks. Pengabdian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi penerapan metode ini di bidang pendidikan tajwid lainnya.
References
Albab, Muhammad Ulil, Lia Safitri, Annisa Cahya Febriana, Ayu Sukma Hidayah, Wahyu Ananda Aziz, Dewani Roro Rengganis, Yuyun Aqidah, Moh Azmi Fauzi, dan Ahmad Fauzan. “Pembentukan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) untuk Mencetak Generasi Qur’ani.” Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat 1 (2019). https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/abdimas/article/view/126.
Ansari, Muhammad Iqbal, dan Sari Kumala. “Pengembangan Media Lagu Materi Surah Pendek Kelas I MI.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (27 Juli 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2470.
Ashlihah, Risa Lailatul Mufidah, dan Yoga Nofan Aditiya. “Peningkatan Pemahaman Agama terhadap Santri TPQ melalui Media Belajar.” Jurnal Pengabdian Masyarakat bidang Keagamaan (JUMAT) 1, no. 1 (2020). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1073.
Assya’bani, Ridhatullah, Anita Sari, Elfa Hafizah, Faizatul Hasanah, dan Marniyah. “Pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati di Rumah Belajar Mahasiswa KKN Desa Hambuku Hulu.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (September 2021). https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.697.
Azzah S, Iftinan R, dan Zuraidah. “Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).” Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.62.
Hayunnita, Nur, Alvina, Riski Novianti, Sangra Devi Azzahrah, Dandi Saputra, dan Muhammad Nasir. “Penerapan Metode Nyanyian pada Pembelajaran Tajwid di TPA Miftahul Jannah Desa Teluk Palinget.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 13, no. 2 (12 Desember 2023). https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2781.
Herwati, Herwati, dan Faiz Safinatun Najah. “Implementasi Ilmu Tajwid Pada Pembelajaran Al-Qur’an Bittartil Pondok Putri Darut Tauhid Pesantren Zainul Hasan Genggong.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 9, no. 2 (April 2023). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5010.
Khamid, Abdul, Dea Prasmanita, Rif’ah Munawaroh, Ahmad Zamroni, dan One Emi Nasitoh. “Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist.” Attractive : Innovative Education Journal 2, no. 2 (19 Juli 2020): 45. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.38.
Kurnia Pratiwi, Ratri, dan Umah Amrela. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Melalui Pembelajaran SKIA (Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah) dengan Metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) di Dusun Kopang Kebun, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.” Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (31 Oktober 2022). https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i1.54.
Laily, Fatiya Nurul, dan Sitti Maesurah. “Strategi Peningkatan Kemampuan dan Pemahaman Siswa TPQ Atas Pelafalan Makhorijul Huruf dan Ilmu Tajwid di Desa Baureno, Jatirejo, Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) 2, no. 2 (2017). https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aldin/article/view/2365.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017). https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Nirmala, Zilfadlia, Martin Kustati, dan Rezki Amelia. “Pendampingan BTQ Anak Menggunakan Metode Bernyanyi Berbasis Media Visualisasi di Korong Simpang Tiga.” Kegiatan positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat 1, no. 4 (2023). https://journal.arimbi.or.id/index.php/Kegiatanpositif/article/view/465.
Purba, Ilyas Adhi, dan Zuraidah. “Efektivitas Tanya Jawab Sebagai Metode Pengulangan Materi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Saat Daring.” Jurnal ABDIKMAS UKK 1, no. 2 (2021). https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/553.
Rozi, Fathor, Nailus Sa’adah, dan Nur Hayati. “Meningkatkan Daya Ingat Tajwid Melalui Mnemonic Learning.” FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar 6, no. 3 (September 2022). https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.1901.
Rusydi, Ibnu, dan Fitria Amalin Christia ‘Nisa. “Implementasi Mengaji Al-Qur’an Dengan Tajwid dan Makhorijul Huruf Bagi Anak–Anak Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu.” Journal Of Psychology, Counseling And Education 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.4.
Suparno, Bejo, dan Bachtiar Hariady. “Pengembangan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Tingkat Dasar Berdasarkan Ilmu Tajwid dengan Metode Joyful Learning.” Lintang Songo: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2020). https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/249.
Supriyadi, Sitti Khotijah, Uswatun Hasaanah, dan Cici’ Insiyah. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an Melalui Kelas Tajwid.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3, no. 2 (2023). https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/657.
Yahya, Safaruddin, dan Kadar Risman. “Pelatihan Penerapan Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tahsin Qira’ah Pada Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Buton.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9760.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyuna Khoiriyah, Zuraidah, Dila Dwi Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.