PENDAYAGUNAAN DIGITAL BRANDING DENGAN GOOGLE MAPS PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI DESA JAPANAN
Keywords:
Demonstrasi, Lokasi Digital, Observasi, Pemasaran, SocializationAbstract
UMKM merupakan salah satu jenis usaha mikro yang berperan dengan cukup penting dalam pengembangan perekonomian di suatu daerah. Pemasaran digital adalah promosi online yang melibatkan pemasaran terpadu dan interaktif, memungkinkan produsen, perantara pasar, dan calon konsumen untuk saling berinteraksi. Penerapan aplikasi Google Maps sebagai salah satu media digital pada UMKM di Desa Japanan, Kecamatan Jombang akan memberikan keuntungan tersendiri dalam operasional bisnis. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan penggunaan aplikasi Google Maps sebagai solusi media digital branding guna meningkatkan interaksi dengan para konsumennya. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah observasi, sosialisasi, dan pendampingan. Fokus kegiatan adalah memfasilitasi pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dalam strategi pemasaran mereka. Dengan pemahaman dan pemanfaatan teknologi digital, UMKM diharapkan dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen, meningkatkan penjualan, dan bersaing lebih efektif di pasar yang lebih luas.
References
Cahya, Bayu Tri, Etha Widyarani, Farida Rohmah, dan Makrufah Hidayah Islamiah. 2022. “Urgensi E-Marketing Berbasis Google Maps pada Keberlangsungan Usaha Entrepreneur Muslim ( Studi pada Kabupaten Demak ).” Jurnal Ilmiah Akuntasi 20(1):126–42.
Insani, Salman Faris, Yoppi Syahrial, dan Ardian Prima Putra. 2022. “Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari.” Warta LPM 25(1).
Kadeni, dan Ninik Srijani. 2020. “Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” Equilibrium 8(2):191–200.
Merdekawati, Agustiena, Andrie Kurniawan, Henny Leidiyana, Al Ghazali, dan Waryono. 2021. “Pelatihan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):66–70. doi: 10.54259/pakmas.v1i2.72.
Pasaribu, Rotumiar. 2020. “Optimalisasi Media Online sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM di Semarang pada Masa Pandemi Covid - 19.” Jurnal Komunikasi dan Media 01(01):33–44.
Purwana, Dedi, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani 1(1):1–17.
Putri, Euis Hasmita. 2017. “Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda (Studi pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda).” Administrasi Negara 5(1):5431–45.
Supriono, Agus, Edwin Tri Maulana, Indah Ibanah, Rizky Yanuarti, dan Ariq Dewi Maharani. 2024. “Inovasi Kreataif Berbasis Digital Marketing pada UMKM Krupuk Rengginang di Desa Trebungan Kecamatan Mangaran - Situbondo.” Jurnal Budimas 06(01):1–7.
Syaifudin, Roy, Asep Shodiqin, dan Nase. 2022. “Peran Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Pengembangan Maasyarakat Islam 7(3):297–316.
Syukri, Adya Utami, dan Andi Nonong Sunrawali. 2022. “Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.” Jurnal Ekonomi dan Manajemen 19(1):170–82. doi: 10.29264/jkin.v19i1.10207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mayla Fayyza Adzani, Nabilah Daffa Puspalohita, Vanny Rahma Yulianti, Fahri Cahya Ramadhan, Fabian Crisandy Edlin Djaelani, Ramadhani Mahendra Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.