OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PADA BENGKEL MOTOR DI PURWOKERTO

Authors

  • Herdian Farisi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ade Yuliana Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Hendro Sukoco Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Melli Andini Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Keywords:

Bauran Pemasaran., Pelayanan, Penjualan

Abstract

Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk membantu GM Motor Purwokerto dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup sehari-hari. Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, layanan yang ditawarkan membutuhkan strategi pemasaran yang kuat. Metodologi yang digunakan studi kasus kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi lapangan. Hasil menunjukkan pentingnya penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari orang, proses, harga, promosi, tempat, bukti nyata, dan produk. Implementasi strategi pemasaran yang dikembangkan meliputi peningkatan variasi dan kualitas produk, optimalisasi promosi online, pemanfaatan sistem pembayaran elektronik, penataan ruang yang lebih baik, penyesuaian harga, dan peningkatan kualitas pelayanan. Diharapkan Bengkel GM Motor akan meningkatkan pelayanan pelanggan, penjualan, dan profitabilitas jangka panjang dengan penerapan rencana ini.

References

Hasibuan, R. R., Afifah, H., Purnawati, E., & Farisi, H. (2022). Manajemen Pemasaran. 1–23.

Imam, K. A., Suprapto, A., & Farisi, H. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF ELECTRONIC PAYMENT SYSTEMS ON BUYING INTEREST IN ONLINE STORES AND TRUST AS.

Lutfiani, I., Farisi, H., & Yuliana, A. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Visual Merchandising, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Industri Retail Tiongkok di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 4(1), 74–88. https://doi.org/10.59889/embiss.v4i1.282

Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). JURNAL EKONOMI , MANAJEMEN , BISNIS DAN SOSIAL Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap. Embiss, 4(November), 60–73.

Rasyida, Z. (2023). The Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian: Literatur Review. Youth &Islamic Economic Journal, 04(02), 11–15. https://mail.jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/172%0Ahttps://mail.jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/download/172/253

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tabar, F. ., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Digital , 2(1), 1–19.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Farisi, H., Ade Yuliana, Hendro Sukoco, & Melli Andini. (2024). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PADA BENGKEL MOTOR DI PURWOKERTO. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1256–1261. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/556