PENGENALAN KONSEP GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 100 KOTA KENDARI
Keywords:
Anak Usia Sekolah, Gizi Seimbang, Pertumbuhan dan PerkembanganAbstract
Anak usia sekolah membutuhkan asupan zat gizi yang cukup dan seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Seiring dengan kemampuan anak usia sekolah dalam memilih makanan yang dikonsumsi maka konsep dasar tentang konsumsi makanan yang sehat dan seimbang perlu diberikan. Status gizi baik sangat dipengaruhi oleh konsumsi pangan sehingga untuk mendukung penurunan masalah gizi anak sekolah perlu dilakukan pengenalan tentang dasar-dasar konsumsi pangan. Tujuan kegiatan pengabdian untuk mengenalkan dan memberikan informasi tentang gizi seimbang untuk konsumsi makan sehari-hari. Kegiatan pengabdian dilakukan di SD Negeri 100 Kota Kendari. Metode kegiatan dengan penyuluhan menggunakan media powerpoint yang dibuat menarik disertai materi yang mudah dipahami oleh anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan bahwa kegiatan pelatihan dapat dipahami dan memberikan pengetahuan tentang gizi seimbang. Perlu dilakukan kegiatan edukasi lainnya untuk menambah pengetahuan anak usia sekolah dasar sehingga dapat bertindak dan berperilaku berdasarkan konsep hidup sehat.
References
Abdullah, A., & Norfai, N. (2019). Nutritional Analisis Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SDN Mawar 8 Kota Banjarmasin. Jurnal Kesehatan Indonesia, 9(2), 53–58.
Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak Di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati, 4(1).
Amoadu, M., Abraham, S. A., Adams, A. K., Akoto-Buabeng, W., Obeng, P., & Hagan Jr, J. E. (2024). Risk Factors of Malnutrition among In-School Children and Adolescents in Developing Countries: A Scoping Review. Children, 11(4), 476.
Angga, P. D., & Mussadat, S. (2024). TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI JAJANAN SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS I KECAMATAN PLAMPANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4017–4034.
Ariawan, I. G. N., Prihayanti, N. K. T., Purnama, P. M. D. A., Susanti, I. A., Dharmayanti, N. M. S., Diastuti, N. N. P., & Devi, N. L. P. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Sekolah di SD 4 Penebel. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(1), 16–28.
Aulia, J. N. (2022). Masalah gizi pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), 22–25.
Desalegn, B. B., Diddana, T. Z., Daba, A. K., & Tafese, T. A. (2023). Overnutrition in adolescents and its associated factors in Dale district schools in Ethiopia: a cross-sectional study. PeerJ, 11, e16229.
Fitriana, V., Cahyanti, L., Yuliana, A. R., Holifah, Y. H., Cahyaningrum, Z., & Rusmiyati, E. (2022). PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 3(2), 114–122.
Humairah, A., & Anggraini, S. P. (2023). Edukasi Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Sekolah Di SDN 014 Pekanbaru. JITER-PM (Jurnal Inovasi Terapan-Pengabdian Masyarakat), 1(2), 1–6.
Jusriani, R. (2023). EDUKASI GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1).
Kebijakan Pembangunan, B., Kementerian, K., & Ri, K. (2023). DALAM ANGKA TIM PENYUSUN SKI 2023 DALAM ANGKA KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.
Kementerian Kesehatan RI. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2014.
Morales, F., Montserrat-de la Paz, S., Leon, M. J., & Rivero-Pino, F. (2023). Effects of malnutrition on the immune system and infection and the role of nutritional strategies regarding improvements in children’s health status: A literature review. Nutrients, 16(1), 1.
Nurusyaikha, R. H., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). MENJAGA POLA MAKAN SERTA EDUKASI GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 880–888.
Oktarina, N. D., Wijayanti, F., & Setyoningrum, U. (2023). Edukasi Pemenuhan Gizi Seimbang pada Anak Sekolah. Jurnal Pengabdian Perawat, 2(2), 37–41.
Palupi, K. C., Sa’pang, M., & Swasmilaksmita, P. D. (2018). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jurnal Abdimas, 5(1), 49–53.
Rahman, M. F., Prikhatina, R. A., & Mardiyah, S. (2022). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN FREKUENSI KONSUMSI MAKANAN JAJANAN PADA SISWA SDN MEKASARI 03 TAMBUN SELATAN, KABUPATEN BEKASI TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan, 10(1), 56–67.
Rahman, S. N., Bachtiar, I., Alam, N., & Asikin, A. M. (2024). Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 90 Kampung Beru Takalar. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 65–70.
United Nations children’s Fund, & Kementerian kesehatan RI. (2023). MENUJU MASA DEPAN INDONESIA BEBAS MASALAH KEKURANGAN GIZI.
Wirakesuma, M. T., Desy, D., & Putri, O. B. (2022). HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK, POLA MAKAN, JENIS KELAMIN, TEMAN SEBAYA DAN UANG SAKU DENGAN KEJADIAN GIZI LEBIH PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 SEKUPANG KOTA BATAM TAHUN 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(2), 187–216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febriana Muchtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.