INOVASI DALAM PENGUASAAN MEDIA, TEKNOLOGI DAN KEMAMPUAN BAHASA SEBAGAI KETERAMPILAN PENUNJANG BAGI PELAJAR SMK NEGERI 3 BENGKULU UTARA
Keywords:
Inovasi, Media, Teknologi, BahasaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan siswa SMA dalam era digital yang semakin kompleks ini serta untuk memahami keterampilan penunjang yang harus dimiliki siswa sebagai persiapan diri di masa mendatang terutama dalam 3 aspek: penguasaan media, teknologi dan kemampuan bahasa sebagai keterampilan penunjang bagi pelajar SMKN 3 Bengkulu Utara. Dalam era digital, penggunaan media, teknologi dan bahasa merupakan penunjang bagi pelajar dalam mempersiapkan diri di masa depan agar dapat bersaing dan mampu mengejar ketertinggalan informasi dan keterampilan dengan adanya penunjang yang memadai. Selain itu, kemudahan dan kecanggihan teknologi, juga menimbulkan berbagai dampak negatif yang perlu diperhatikan seperti penyalahgunaan media sosial yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, seperti peningkatan tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Kegiatan pengabdian ini memberikan manfa’at bagi pelajar terutama sebagai pengetahuan dasar bagi remaja dalam mencegah penyalahgunaan sosial media, pelajar memperoleh tips dan trik untuk mengelola sosial media menjadi media pengetahuan dan hal yang positif untuk menunjang keterampilan diri, pelajar dapat menggunakan media sebagai sarana pembelajaran, terutama media berbentuk video, podcast, artikel daring ataupun platfirm e-learning, pelajar dapat mengetahui manfa’at penggunaan teknologi dan kemampuan bahasa yang baik.
References
Gunawan, I. A. N., . S., & Shalahuddin, I. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gangguan Psikososial Pada Remaja: A Narrative Review. Jurnal Kesehatan, 15(1), 78–92. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.17426
Nur Cahya, M., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja: Tinjauan Pengaruh Penggunaan Media Sosial pada Kecemasan dan Depresi Remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704–706. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.917
Purba, M. I., Purnasari, N., Rangkuti, D. A., Lilia, W., & Simanjuntak, D. C. Y. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Media Sosial. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 89–94. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i2.227
Sari, T. H., Delvira, W., Wirdaniza, D., & Ashali, S. S. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN FISIK DAN MENTAL DENGAN PENDEKATAN PEER GROUP DI SMPN 21 PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i2.1114
Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919
Syifa, S. F., Nur Istirohmah, A., Lestari, P., & Nur Azizah, M. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azizatul Banat, Suwarni, Juwita, Martiani, Muhammad Rizky, Filza Ratu Nabila, Fransiskus Hendra Ariwibowo, Biy Paidul S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.