BIMBINGAN PENINGKATAN KOMUNIKASI UNTUK METODE BELAJAR TAHFIDZ PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH NURUL YAQIN PEKANBARU

Authors

  • Rosmala STISIP Persada Bunda
  • Susi Artuti Erda Dewi STISIP Persada Bunda
  • Maal Abrar STISIP Persada Bunda
  • Lolyta Handra Yani STISIP Persada Bunda

Keywords:

Komunikasi, Metode Belajar, Tahfidz

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dalam meningkatkan komunikasi untuk metode belajar tahfidz di Pendidikan  Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (PDTA) Nurul Yaqin Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat(PkM) ini adalah dengan dua sesi tahapan. Tahapan pertama memberikan materi dan cara metode komunikasi belajar cepat tahfidz  adalah dan sesi tahapan kedua adalah praktik  dilakukan pada anak anak di pesantren Nurul Yaqin Pekanbaru. Hasil kegiatan ini memberikan dampak positif dan perubahan yang baik untuk anak anak di PDTANurul Yaqin. Peningkatan komunikasi untuk metode belajar tahfidz di Nurul Yaqin yang sering digunakan adalah menggunakan 5 metode  yaitu muraja’ah, takraran, talaqqi, musyafahah,bin nazar.  Kegiatan ini memberikan dampak positif setelah dilakukan bimbingan  dan  komunikasi guru dan anak anak pesantren meningkat setelah dilakukan evaluasi.

References

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi PendidikanIslam. Ciputat Press.

Erlangga, E. (2018). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. PSYMPATHIC, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Gusti, I., & Murniyetti. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Sma Negeri 6 Kota Padang. Arzusin, 3(5), 629–645.

Lutfy, A. (2013). Metode Tahfidz Al-Qur’an (Studi Komparatif Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadzh II Gedongan Ender, Pangenan Cirebon dengan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu AlHikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon). Holistik, 14(2), 157–159.

Mufid, M. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Kencana.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Ramadhanita, F. F. (2022). Peran Komunikasi Dalam Proses Bimbingan Dan Konseling Frista Fitriany Ramadhanita Sekolah Tinggi Agama Islam YAPATA Al Jawami Bandung. Bimbingan Penyuluhan Islam, 4(2), 65–79. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05.2

Yusuf, M. (2016). KONSELING MULTIKULTURAL. 5(1), 1–13.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Rosmala, Susi Artuti Erda Dewi, Maal Abrar, & Lolyta Handra Yani. (2024). BIMBINGAN PENINGKATAN KOMUNIKASI UNTUK METODE BELAJAR TAHFIDZ PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH NURUL YAQIN PEKANBARU . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 1138–1144. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/549

Issue

Section

Articles