PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA IBN LAMPUNG
Keywords:
Training; Writing; Publication; Scientific articlesAbstract
Permasalahan yang masih menjadi perhatian bagi dosen adalah sampai saat ini rendahnya pengetahuan dan minat dari mahasiswa dalam menulis dan publikasi artikel ilmiah jika tidak diarahkan dan dibimbing. Untuk bisa menjadi bagian dan berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, diselenggarakan pengabdian kepada masyarakat terhadap mahasiswa Institut Bakti Nusantara (IBN) Pringsewu Lampung. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan menulis dan mempublikasikan karya ilmiah, khususnya artikel jurnal. Model pelaksanaan dilakukan dengan metode in-on. Dari hasil pelaksanaan penelitian, mayoritas mahasiswa sudah bisa memahami cara menulis artikel ilmiah serta cara mempubikasikannya di jurnal ilmiah yang berkualitas. Peserta juga mempraktikkan menulis jurnal hasil penelitian masing-masing, meskipun persentase dalam penyelesaian masih rendah. Kendala yang dirasakan adalah terjadi kurangnya ide gagasan pada saat menulis, keterbatasan referensi dan waktu dalam meneliti.
References
Astuti, R. P., Isharijadi, & Amah, N. (2017). Pengaruh kinerja lingkungan dan kinerja perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi - Universitas PGRI Madiun, 5(1), 322– 333. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/275
Gould, D. (2016). Conducting impactful coaching science research: The forgotten role of
knowledge integration and dissemination. International Sport Coaching Journal, 3(2),
–203. https://doi.org/10.1123/iscj.2015-0113.
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal
Bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,
(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256.
Melfianora, I. (2017). Penulisan Karya Ilmiah dengan Studi Literatur. UPT Balai
Penyuluhan Pertania.
Neuvonen, K. A., Launonen, K., Smith, M. M., Stadskleiv, K., & Tetzchner, S. (2022). Strategies in conveying information about unshared events using aided communication. Child Language Teaching and Therapy, 38(1), 78–94. https://doi.org/10.1177/02656590211050865.
N. Rofiqo, A. P. Windarto, and A. Wanto, “Penerapan Metode VIKOR Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah,” Semin. Nas. Sains Teknol. Informasi(SENSASI), no. Mcdm, pp. 228–237, 2018.
Nugrohoadhi, A. (2017). Pemanfaatan Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 97– 114.
Wahed, A., Faridah, F., & Irmawati, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leni Anggraeni, Dian Puspita, Rina Wati, Sariyah Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















