PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA IBN LAMPUNG

Authors

  • Leni Anggraeni Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Dian Puspita Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Rina Wati Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Sariyah Astuti Institut Bakti Nusantara Lampung

Keywords:

Training; Writing; Publication; Scientific articles

Abstract

Permasalahan yang masih menjadi perhatian bagi dosen adalah sampai saat ini rendahnya pengetahuan dan minat dari mahasiswa dalam menulis dan publikasi artikel ilmiah jika tidak diarahkan dan dibimbing. Untuk bisa menjadi bagian dan berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, diselenggarakan pengabdian kepada masyarakat terhadap mahasiswa Institut Bakti Nusantara (IBN) Pringsewu Lampung. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan menulis dan mempublikasikan karya ilmiah, khususnya artikel jurnal. Model pelaksanaan dilakukan dengan metode in-on. Dari hasil pelaksanaan penelitian, mayoritas mahasiswa sudah bisa memahami cara menulis artikel ilmiah serta cara mempubikasikannya di jurnal ilmiah yang berkualitas. Peserta juga mempraktikkan menulis jurnal hasil penelitian masing-masing, meskipun persentase dalam penyelesaian masih rendah. Kendala yang dirasakan adalah terjadi kurangnya ide gagasan pada saat menulis, keterbatasan referensi dan waktu dalam meneliti.

 

References

Astuti, R. P., Isharijadi, & Amah, N. (2017). Pengaruh kinerja lingkungan dan kinerja perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi - Universitas PGRI Madiun, 5(1), 322– 333. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/275

Gould, D. (2016). Conducting impactful coaching science research: The forgotten role of

knowledge integration and dissemination. International Sport Coaching Journal, 3(2),

–203. https://doi.org/10.1123/iscj.2015-0113.

Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal

Bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,

(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256.

Melfianora, I. (2017). Penulisan Karya Ilmiah dengan Studi Literatur. UPT Balai

Penyuluhan Pertania.

Neuvonen, K. A., Launonen, K., Smith, M. M., Stadskleiv, K., & Tetzchner, S. (2022). Strategies in conveying information about unshared events using aided communication. Child Language Teaching and Therapy, 38(1), 78–94. https://doi.org/10.1177/02656590211050865.

N. Rofiqo, A. P. Windarto, and A. Wanto, “Penerapan Metode VIKOR Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah,” Semin. Nas. Sains Teknol. Informasi(SENSASI), no. Mcdm, pp. 228–237, 2018.

Nugrohoadhi, A. (2017). Pemanfaatan Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 97– 114.

Wahed, A., Faridah, F., & Irmawati, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Leni Anggraeni, Puspita, D., Rina Wati, & Sariyah Astuti. (2023). PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA IBN LAMPUNG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 380–385. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/54

Issue

Section

Articles