EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE BISNISKU PADA PONDOK PESANTREN AL-IHSAAN
Keywords:
Google Bisnisku, Pemasaran Produk, Pondok PesantrenAbstract
Pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Al-Ihsaan bertujuan untuk mengatasi tantangan pemasaran dan visibilitas melalui penerapan teknologi digital, khususnya Google Bisnisku. Metode yang digunakan meliputi pelatihan intensif, pendampingan teknis, dan monitoring berkelanjutan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan digital para pengurus dan santri, peningkatan jumlah kunjungan ke profil Google Bisnisku, serta peningkatan penjualan produk pesantren. Temuan ini mendukung teori difusi inovasi dan pemberdayaan komunitas, menunjukkan bahwa adopsi teknologi dapat menciptakan perubahan sosial positif yang berkelanjutan.
References
Hidayat, R. R., Putri, D. P., & Putra, R. B. (2022). Digital Marketing dengan menggunakan Google Bisnis untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Palmerah. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 2(1), 1–13.
Husain, T. K., Thamsi, A. B., & Amran, F. D. (2022). Implementasi Google My Business sebagai Media Digital Marketing. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ABDIRA UNIVERSITAS PAHLAWAN, 2(1), 88–94.
Kristiyanto, D. Y., Safitri, S. T., & Silvani, T. N. (2023). Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Google Business untuk membuat Media Sosial Terintegrasi. Jurnal Media Abdimas, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.37817/10.37817/mediaabdimas.v3i2
Munandar, A. T., Handayani, D., & Lestari, T. S. (2023). Pemanfaatan Google My Business Untuk Peningkatan Digital Skill Pengelolaan Pariwisata Pada Geopark Youth Forum (GYF) Badan Pengelola Geopark Bayah Dome. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 80–90.
Novika, F., & Addini, F. F. (2022). Menumbuhkan Bisnis Digital dengan “Grow with Google” Implementasi Teknologi Era Pandemi Covid-19. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 782–791. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i6.3814
Rohmah, A. N., & Hera, H. (2022). Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 37–42. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.237
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Januar Habibi Mahsyar, Winda Oktaviani, Wachjuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.