PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PERJALANAN DINAS DAN PENGELOLAAN PERTANGGUNG JAWABAN MARKETING AND SALES PT XYZ

Authors

  • Ira Siti Sarah Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Fasya Nurjihaan Aqiilah Dermawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

Standar Operasional Prosedur, Proses Pengajuan Perjalanan Dinas, Proses Pengajuan Pengelolaan Uang Muka, Divisi Marketing and Sales

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah instruksi tertulis mengenai proses pelaksanaan kegiatan organisasi, mencakup cara, waktu, lokasi, dan pelaku yang bertanggung jawab. SOP digunakan sebagai pedoman pekerjaan. Proses pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban seringkali tidak efektif karena staf kurang memahami alur proses, adanya nota yang hilang, dan frekuensi perjalanan dinas yang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya panduan di Divisi Marketing and Sales. Proyek ini bertujuan membuat SOP untuk pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban di divisi tersebut. Informasi diperoleh melalui wawancara dan observasi staf Administrasi Marketing and Sales. Metode waterfall digunakan dengan tahapan analisis, perancangan sistem, implementasi, dan testing. Keberhasilan diukur dengan System Usability Scale menggunakan kuesioner dan skala likert. Hasil proyek adalah SOP untuk pengajuan perjalanan dinas dan pengelolaan pertanggung jawaban Divisi Marketing and Sales.

References

Anugerah, V. P., Fitriansyah, A., & Satryawati, E. (2020). Sistem Reimbursement Elektronik (E-Reibursement) Pada PT Fan Integrasi Teknologi. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer MH Thamrin, 6(2), 21–31. https://doi.org/https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.234

Irfania, N., & Tjahjawati, S. S. (2022). Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) di Ozradio Multiusaha Indonesia. Applied Business and Adminsitration Journal, 1(3), 17–27.

Lumingkewas, E. M. C., & Supit, B. F. (2023). Pengantar Administrasi Perkantoran (1 ed.; T. Pangalila, Ed.). Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Nugrahayanti, A. F., & Isharina, I. K. (2022). Evaluasi SOP (Standard Operating Procedure) Sebagai Penunjang Kinerja Perusahaan. Jurnal Management Risiko dan Keuangan (JMRK), 1(4), 252–261. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/jmrk.2022.01.4.03.

Sabilla, M., Mukaram, & Putri, I. S. S. (2022). Pembuatan Aplikasi Perjalanan Dinas Berbasis Web di Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten. Applied Business and Administration Journal, 1(1), 29–41.

Salam, R., Akib, H., & Arsalam Syakib. (2021). Fungsi Administrasi Perkantoran Modern dalam Mendukung Pelaksanaan Organisasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 79–94.

Soediro, M., & Nurbianto, A. T. (2021). Peranan Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Penjualan dan Kinerja Karyawan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi (JMBI UNSRAT), 8(3), 845–851. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36934

Suryani, S., Tjahjawati, S. S., & Pramono, T. D. (2022). Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pendaftaran, Perawatan dan Penataan, serta Alur Kerja pada Display Produk UMKM di Rumah BUMN Bandung. Applied Business and Adminstration Journal (ABAJ), 2(3), 48–57.

Susanti, N., Susanti, I. D., Janah, Y., & Waru, A. P. D. T. (2021). Pelaksanaan Prosedur Pejalanan Dinas Bagi Pegawai PT. ASABRI (Persero) Jakarta. J-ADBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 28–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jab.v1i1.315

Toding, E., Sulo, D., & Daud, M. (2023). Analisis Prosedur Administrasi Perjalanan Dinas Pada PT Arta Boga Cemerlang OT Kanwil Makassar. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 6(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.36815/prive.v6i1.2568

Wati, N. L., & Selfiana. (2016). Menangani Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pimpinan Branch Human Resource Manager PT Indofood Consumer Branded Product Sukses Makmur Tbk - Cibitung. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 153–171.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Sarah, I. S., & Dermawan, F. N. A. (2024). PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PERJALANAN DINAS DAN PENGELOLAAN PERTANGGUNG JAWABAN MARKETING AND SALES PT XYZ. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 1024–1031. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/523

Issue

Section

Articles