REVITALISASI UNIT USAHA UMKM DESA PEMATANG DUKU MELALUI DIGITALISASI BERBASIS INTERNET OF THINGS DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Dito Wahyutomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Irawan Fakhrudin MahalliZikri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Lukman Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Muhammad Elsa Tomisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Eva Nadia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Nurzuriatna Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Syafrizal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Ahmad Tarmizi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Afrilian Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Aldy Alfaraby Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis

Keywords:

Internet of Things, Digitalisasi, Revitalisasi

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberika pengetahuan tentang pentingnya digitalisasi pada sector UMKM di desa Pematang Duku Kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode seminar tentang pentingnya Internet of Things dalam upaya untuk digitalisasi sector UMKM. Peganbdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evauasi dan laporan serta tahap evaluasi lanjutan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini masih terdapat UMKM yang belum memahami penting digitalisasi pada sector UMKM sehingga masih diperlukannya keberlanjutan tentang pemahamam petingnya digiltalisasi pada sector UMKM serta menanamkan Internet of Thing pada pelaku UMKM yang ada di desa Pematang Duku

References

Daud, R. F., Yulina, Y., & Monica, D. (2023). Sosialisasi Teknologi Digitalisasi 4.0. Dalam Memasarkan Produk Unggulan UMKM Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 93–102. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1124

Fathoni, I., & Asfiah, N. (2024). Transformasi Digital Bisnis UMKM di Indonesia Setelah Masa Pandemi. 4(2), 10219–10236.

Safitri, C., Astuti, S., & S., O. F. (2024). Pelatihan Digital Of Thing (DIBOT) Dalam Mengoptimalkan Kinerja UMKM: Analisis Penerapan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.610

Siti Azizah, Irfan H. Djunaidi, Diah Priharsari, Mas Ayu Ambayoen, & Siti Hamidah. (2022). Digitalisasi Marketing Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Blitar. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 379–385. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1300

Syaeh, M. T. (2023). Harmoni Hukum dan Bisnis : Antisipasi Tantangan Kepatuhan dan Inovasi Dalam Lingkungan Bisnis Merata-Tertata Berbasis E-commerce Tokopedia dalam Internet of Things ( IoT ) Melalui Gagasan 6 . 0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 957–970. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7780

Safitri, C., Pd Gunawan, M., Murtopo, M., & Adi Sofyana Latif, Ms. (2023). Digital Marketing, Menembus Market Meningkatkan Omset. Https://Penerbitadab.Id

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Dito Wahyutomo, Irawan Fakhrudin MahalliZikri, Lukman Hakim, Muhammad Elsa Tomisa, Eva Nadia, Nurzuriatna, Syafrizal, Ahmad Tarmizi, Afrilian Kurniawan, & Aldy Alfaraby. (2024). REVITALISASI UNIT USAHA UMKM DESA PEMATANG DUKU MELALUI DIGITALISASI BERBASIS INTERNET OF THINGS DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 949–954. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/512

Issue

Section

Articles