REVITALISASI UNIT USAHA UMKM DESA PEMATANG DUKU MELALUI DIGITALISASI BERBASIS INTERNET OF THINGS DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Keywords:
Internet of Things, Digitalisasi, RevitalisasiAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberika pengetahuan tentang pentingnya digitalisasi pada sector UMKM di desa Pematang Duku Kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode seminar tentang pentingnya Internet of Things dalam upaya untuk digitalisasi sector UMKM. Peganbdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evauasi dan laporan serta tahap evaluasi lanjutan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini masih terdapat UMKM yang belum memahami penting digitalisasi pada sector UMKM sehingga masih diperlukannya keberlanjutan tentang pemahamam petingnya digiltalisasi pada sector UMKM serta menanamkan Internet of Thing pada pelaku UMKM yang ada di desa Pematang Duku
References
Daud, R. F., Yulina, Y., & Monica, D. (2023). Sosialisasi Teknologi Digitalisasi 4.0. Dalam Memasarkan Produk Unggulan UMKM Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 93–102. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1124
Fathoni, I., & Asfiah, N. (2024). Transformasi Digital Bisnis UMKM di Indonesia Setelah Masa Pandemi. 4(2), 10219–10236.
Safitri, C., Astuti, S., & S., O. F. (2024). Pelatihan Digital Of Thing (DIBOT) Dalam Mengoptimalkan Kinerja UMKM: Analisis Penerapan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.610
Siti Azizah, Irfan H. Djunaidi, Diah Priharsari, Mas Ayu Ambayoen, & Siti Hamidah. (2022). Digitalisasi Marketing Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Blitar. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 379–385. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1300
Syaeh, M. T. (2023). Harmoni Hukum dan Bisnis : Antisipasi Tantangan Kepatuhan dan Inovasi Dalam Lingkungan Bisnis Merata-Tertata Berbasis E-commerce Tokopedia dalam Internet of Things ( IoT ) Melalui Gagasan 6 . 0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 957–970. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7780
Safitri, C., Pd Gunawan, M., Murtopo, M., & Adi Sofyana Latif, Ms. (2023). Digital Marketing, Menembus Market Meningkatkan Omset. Https://Penerbitadab.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dito Wahyutomo, Irawan Fakhrudin MahalliZikri, Lukman Hakim, Muhammad Elsa Tomisa, Eva Nadia, Nurzuriatna, Syafrizal, Ahmad Tarmizi, Afrilian Kurniawan, Aldy Alfaraby

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.