UPAYA PENGENALAN PANCASILA KEPADA ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA DALAM RANGKA MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DAN TOLERANSI
Keywords:
Pancasila, Pekerja Migran, Pengabdian MasyarakatAbstract
Pemerataan akses pendidikan masih menjadi fokus bagi Pemerintah Indonesia. Masalah ini tidak hanya menimpa warga negara di dalam negeri, namun juga warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Terdapat sejumlah besar anak-anak dari Pekerja Migran Indonesia ilegal di Malaysia tidak mendapatkan pendidikan layak karena keterbatasan dokumen izin tinggal dan permasalahan pencatatan sipil. Banyak dari mereka yang tidak memiliki rasa nasionalisme dan toleransi. Menanggapi permasalahan yang begitu kompleks, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan INTI International University mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Proyek Kemanusiaan yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa Indonesia. Kegiatan ini berfokus pada upaya penyelenggaraan pendidikan informal, terutama Pendidikan Pancasila dan nasionalisme menggunakan metode Participatory Action Research di Sanggar Bimbingan Sentul, Kuala Lumpur dengan sasaran peserta didik kejar paket A (setara sekolah dasar). Pendidikan diberikan melalui media interaktif seperti video singkat dan puzzle sederhana yang diobservasi langsung setiap harinya. Hasil kegiatan menunjukkan penggunaan media interaktif seperti video dan puzzle mempermudah peserta memahami materi yang diberikan. Selain itu, terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap sikap nasionalisme, dasar-dasar Negara Indonesia, dan sikap toleransi.
References
Dahlia, S.T., M.Pd. (2019). Sanggar Bimbingan anak WNI di Semenanjung Malaysia Berdiri. Kuala Lumpur: AntaraKL. Retrieved from https://kl.antaranews.com/berita/5955/sanggarbimbingan-anak-wni-di-semenanjung- malaysia-berdiri
IOM UN Migration Indonesia . (2023, Oktober 25). Berita Local: IOM UN Migration Indonesia. Retrieved from Indonesia IOM int Web Sita: https://indonesia.iom.int/id/news/memperkuat-perlindungan-pekerja-migran-indonesia-di malaysia#:~:text=Di%20antara%202%2C7%20juta,Indonesia%2FBP2MI%2C%202020)
Kustandi, C., & Darmawan , D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Jakarta: Prenada Media Group.
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Wirachmi, A. (2022, January 13). Simak Daftar Negara yang Serint Menerima TKI, Malaysia Paling Banyak. Indonesia. Retrieved from https://www.idxchannel.com/economics/simak-daftarnegara-yang-sering-menerima-tki- malaysia-paling-banyak
Wulan, T. R., Muslihudin, Wijayanti, S., & Santoso, J. (2023). Model Perlindungan Anak- Anak Pekerja Migran Di Malaysia. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(1), 472–476. https://www.pkns.portalapssi.id/inde
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titus Wirangga Shakti, Susi Hardjati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.