UPAYA PENGENALAN PANCASILA KEPADA ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA DALAM RANGKA MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DAN TOLERANSI

Authors

  • Titus Wirangga Shakti Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur,
  • Susi Hardjati Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pancasila, Pekerja Migran, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pemerataan akses pendidikan masih menjadi fokus bagi Pemerintah Indonesia. Masalah ini tidak hanya menimpa warga negara di dalam negeri, namun juga warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Terdapat sejumlah besar anak-anak dari Pekerja Migran Indonesia ilegal di Malaysia tidak mendapatkan pendidikan layak karena keterbatasan dokumen izin tinggal dan permasalahan pencatatan sipil. Banyak dari mereka yang tidak memiliki rasa nasionalisme dan toleransi. Menanggapi permasalahan yang begitu kompleks, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan INTI International University mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Proyek Kemanusiaan yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa Indonesia. Kegiatan ini berfokus pada upaya penyelenggaraan pendidikan informal, terutama Pendidikan Pancasila dan nasionalisme menggunakan metode Participatory Action Research di Sanggar Bimbingan Sentul, Kuala Lumpur dengan sasaran peserta didik kejar paket A (setara sekolah dasar). Pendidikan diberikan melalui media interaktif seperti video singkat dan puzzle sederhana yang diobservasi langsung setiap harinya. Hasil kegiatan menunjukkan penggunaan media interaktif seperti video dan puzzle mempermudah peserta memahami materi yang diberikan. Selain itu, terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap sikap nasionalisme, dasar-dasar Negara Indonesia, dan sikap toleransi.

References

Dahlia, S.T., M.Pd. (2019). Sanggar Bimbingan anak WNI di Semenanjung Malaysia Berdiri. Kuala Lumpur: AntaraKL. Retrieved from https://kl.antaranews.com/berita/5955/sanggarbimbingan-anak-wni-di-semenanjung- malaysia-berdiri

IOM UN Migration Indonesia . (2023, Oktober 25). Berita Local: IOM UN Migration Indonesia. Retrieved from Indonesia IOM int Web Sita: https://indonesia.iom.int/id/news/memperkuat-perlindungan-pekerja-migran-indonesia-di malaysia#:~:text=Di%20antara%202%2C7%20juta,Indonesia%2FBP2MI%2C%202020)

Kustandi, C., & Darmawan , D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Jakarta: Prenada Media Group.

Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163

Wirachmi, A. (2022, January 13). Simak Daftar Negara yang Serint Menerima TKI, Malaysia Paling Banyak. Indonesia. Retrieved from https://www.idxchannel.com/economics/simak-daftarnegara-yang-sering-menerima-tki- malaysia-paling-banyak

Wulan, T. R., Muslihudin, Wijayanti, S., & Santoso, J. (2023). Model Perlindungan Anak- Anak Pekerja Migran Di Malaysia. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(1), 472–476. https://www.pkns.portalapssi.id/inde

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Titus Wirangga Shakti, & Susi Hardjati. (2024). UPAYA PENGENALAN PANCASILA KEPADA ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA DALAM RANGKA MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DAN TOLERANSI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 890–900. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/504

Issue

Section

Articles