MENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBAL MELALUI MEDIA PERMAINAN BONEKA TANGAN DI YAYASAN BINA INSANI ANAK ISTIMEWA KOTA
Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Boneka Tangan, Kemampuan KomunikasiAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dapatkah penggunaan boneka tangan meningkatkan keterampilan komunikasi anak berkebutuhan khusus di Yayasan Bina Insani Anak Istimewa Kota Jambi. Kegiatan dilakukan satu kali yaitu langsung pada tahap kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa permainan boneka tangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi sosial anak berkebutuhan khusus. Namun pengabdian ini juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan boneka tangan dapat membantu anak berkebutuhan khusus meningkatkan kemampuannya dalam berbicara dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, permainan boneka tangan sebaiknya dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anak berkebutuhan khusus.
References
Amelia, N., Fauziah, N. R. A., & Setyawan, A. (2022). Analisis Sistem Pembelajaran Slb Samudra Lavender Bangkalan Dalam Upaya Mengembangkan Fungsi Sosialisasi Dan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2 (3), 263-279. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.660
Anisa, R. N. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik PJBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Pilihan Karir Siswa Tunarungu. 2(07), 5–11. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i07.453
Kiky Lestari dan Anisah Zakiah, Kunci Mengendalikan Anak dengan ADHD, (yogyakarta: Familia, 2012), hlm. 3-4
Purwanto, E. (2012). Upaya meningkatkan eksplorasi karier anak berkebutuhan khusus. 1(2). http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2462
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rasikha Aulia Putri, Adhelia Syaharani Putri, Zahara Litasya, Anggie Resa Safitri, Hernita Khairunnisya, Prayoga, Alifya Arna Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.