PSIKOEDUKASI SELF-ESTEEM: HOW TO RESPECT MY SELF PADA SISWA KELAS X DAN XI SMA IT DARUL FIKRI MAKASSAR

Authors

  • Rahmawati Syam Universitas Negeri Makassar
  • Alifiyah Az-Zahra Universitas Negeri Makassar
  • Andi Irna Novedha R Universitas Negeri Makassar
  • Cahyani Universitas Negeri Makassar
  • Zainab Djihat Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Harga diri, Psikoedukasi, Remaja, Siswa

Abstract

Tugas perkembangan remaja yang paling utama yaitu mampu menerima diri sendiri dan menemukan identitas dirinya. self esteem yang dimiliki oleh diri sendiri akan menjadi cermin bagaimana seseorang melihat atau memandang dirinya sebagai manusia. Tujuan pemberian psikoedukasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai cara meningkatkan self esteem. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk psikoedukasi tanpa pelatihan kepada siswa kelas X dan XI SMA IT Darul Fikri Makassar. Teknik Analisis data menggunakan software Microsoft Excel. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI SMA IT Darul Fikri Makassar. Adapun jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 41 siswa dengan usia 15-17 tahun. Hasil dari nilai pre-test sebesar 2,25 atau 3,3%,  dan nilai rata-rata post-test sebesar 67 atau 96,7% menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Siswa menjadi lebih memahami self esteem dan menumbuhkan kesadaran untuk lebih peduli dan menyayangi dirinya sendiri.

References

Diananda, A. (2018). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. In ISTIGHNA (Vol. 1, Issue 1). www.depkes.go.id

Elfranata, S., Daud, D. J., Yeni, Pratiwi, N., Meliyani, E., Ervin, & Mecang, H. K. (2022). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Utara. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(4).

Fitriah, A., & Hariyono, D. S. (2019). HUBUNGAN SELF ESTEEM TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI PADA MAHASISWA. Psycho Holistic, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.35747/ph.v1i1.586

HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta. Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia

Lusiana, V. (2023). HUBUNGAN SOCIAL COMPARISON DENGAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA PENGGUNA TIK TOK. KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(4).

Mariyati, L. I., & Rezania, vanda. (2021). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SEPANJANG KEHIDUPAN MANUSIA. UMSIDA PRESS.

Nikmarijal, & Ifdil. (2014). Urgensi Peranan Keluarga bagi Perkembangan Self-Esteem Remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(2).

Olva, H., Ibrahim, Y., & Marjohan. (2014). Hubungan Self-Esteem dengan Motivasi Belajar Remaja Panti Asuhan ‘Aisyiyah Daerah Cabang Lubuk Bagalung Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(2).

Srisayekti, S., Setiady, D. A. & Sanitioso, R. B. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi. 42(2). 141-156

Zahara, F. (2017). PENGENDALIAN EMOSI DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA PADA SISWA USIA REMAJA DI SMA UTAMA MEDAN. Kognisi Jurnal, 1(2), 2528–

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Rahmawati Syam, Alifiyah Az-Zahra, Andi Irna Novedha R, Cahyani, & Zainab Djihat. (2024). PSIKOEDUKASI SELF-ESTEEM: HOW TO RESPECT MY SELF PADA SISWA KELAS X DAN XI SMA IT DARUL FIKRI MAKASSAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 845–851. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/497

Issue

Section

Articles