SOSIALISASI MENINGKATKAN MINAT SISWA SMA UNTUK BERWIRAUSAHA DI USIA MUDA
Keywords:
Generasi MUDA, Wirausaha, Sekolah Menengah Atas (SMA)Abstract
Generasi MUDA memiliki minat yang tinggi untuk memiliki bisnis sendiri (berwirausaha). Namun, dalam banyak kondisi, generasi MUDA kurang dalam pengalaman dan juga pengetahuan tentang konsep berwirausaha. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi generasi MUDA secara umum dan para siswa yang masih berada dalam bangku sekolah khususnya pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 Landur yang nantinya akan menjadi seorang wirausahawan muda. Dalam pengabdian ini para siswa diberikan materi mengenai pengelolaan keuangan, manajemen sumberdaya manusia dan juga manajemen strategi bisnis. Pelaksanaan pengabdian menggunakan metode workshop yang diisi oleh tim pengabdian prodi Manajemen. Para siswa diperkenalkan dengan beberapa konsep penting dalam berwirausaha yaitu peran manajemen sumber daya manusia, strategi berwirausaha serta konsep perencanaan keuangan. Hasil workshop ini adalah 90% dari peserta pengabdian merasa puas akan materi yang dipaparkan, serta 80% peserta menyatakan bahwa pengetahuan tentang keuangan, strategi inovasi dan juga kopetensi kewirausahaan mereka meningkat.
References
Anna, L. K. (2021, August 27). Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri. Kompas.Com. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2021/ 08/27/111953620/mayoritas-gen-z-dan- milenial-ingin-punya-bisnis- sendiri?page=all
Apriyanti, M. E. (2020). Pentingnya Manajemen Diri Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(1), 14–24.
Dharta, F. Y., Kusumaningrum, R., & Chaerudin, C. (2021). Penguatan Strategi Komunikasi Pada Pengelola Destinasi Wisata Di Kabupaten Karawang. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 133–144.
Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220.
Morris, L. (2013). Business model warfare: The strategy of business breakthroughs. Journal of Business Models, 1(1).
Presiden Republik Indonesia. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (1989).
Presiden Republik Indonesia. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan. , (1995).
Purwaningsih, D. (2021). Pentingnya Motivasi Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(2), 69–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah khairiyah, Mirra Sri Wahyuni, Mardhiyah Dwi Ilhami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.